Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Mengapa Basement Parkiran Tidak di Plafon ?

      

       Sebelum kita membahas mengenai " Mengapa Basement Parkiran Tidak di Plafon " kita bahas sedikit mengenai Basement. Basement secara umum memiliki arti ruangan di bawah permukaan tanah dibawah sebuah bangunan seperti gedung atau rumah. Basement dibuat untuk mengoptimalkan penggunaan lahan yang semakin terbatas dan mahal. Basement memiliki fungsi yang bermacam macam. Fungsi basement yang sering digunakan ialah sebagai lahan Parkir namun diberbagai daerah bumi basement juga berfungsi sebagai tempat persembunyian dari badai atau sebagai gudang. Setelah membaca pengertian diatas kita kembali kepertanyaan Mengapa Basement parkiran tidak diplafon ? "



Basement parkiran tidak diplafon karena pada basement tepatnya atap basement terdapat pipa pipa baik itu penyalur sirkulasi atau air berkumpul pada tekanan hidrostatis yang tinggi. Hampir semua pipa pipa diatas bangunan terhubung pada pipa pipa yang terdapat diatas basement. untuk mempermudah maintance pipa pipa tersebut maka basement tidak diplafon. karena jika diplafon kita akan sulit menemukan saluran pipa mana yang mengalami masalah belum lagi jika diplafon kita harus membongkar plafon tersebut saat proses maintance. 



Dibawah basement terdapat bermacam macam pipa, untuk mempermudah maka jaringan pipa yang rumit tersebut harus diberikan identitas berupa warna. Warna biru untuk air bersih, Warna merah untuk air sebagai alat pemadam, Warna Kuning/abu abu untuk air kotor. bayangkan jika pipa pipa yang rumit tersebut tidak diberi warna. sebagai kasus jika ada suatu pipa air bersih yang mengalami masalah ternyata yang kita perbaiki adalah pipa air kotor ?. Demikianlah mengapa Basement tidak di Plafon
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru