Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Perbandingan Beton Bertulang dan Beton Prategang

Beton bertulangan adalah beton yang terbuat dari campuran bahan perekat hidrolis dan bahan pengisi yang didalam pembentukannya diperikan tulangan yang telah dikonfigurasikan sedemikian rupa agar dapat membantu beton menopang atau melawan gaya-gaya yang bekerja.



Beton prategang adalah konstrusi beton yang telah diberi tegangan terlebih dahulu untuk mengantisipasi/ mengimbangi beban/ tegangan tarik yang terjadi oleh beban luar.

Berikut ini adalah perbandingan beton bertulang dengan beton prategang.


Beton Bertulang Beton Prategang
Kuat tarik beton diabaikan (gaya tarik akibat momen ditahan oleh lekatan tulangan dan beton) Tegangn permanen diberikan sebelum Dead Load dan Live Load bekerja agar tegangan tarik akibat beban ini dapat dieliminasi.
Retak dan Defleksi tidak dapat kembali pada struktur beton bertulang bila sudah mencapai kondisi batas. Memungkinkan terjadinya pemulihan retak dan defleksi karena adanya gaya prategang pada beton prategang.
Sistem struktur sulit dibuat fleksiel/kaku tanpa mempengaruhi kekuatannya. Sistem struktur dapat dibuat fleksiel/kaku tanpa pengaruh kekuatannya.
Sumber : Amalia




Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru