Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

10 Cara Mahasiswa Menghasilkan Uang


1. FreeLancer
Mengingat mahasiswa kelas reguler memiliki jadwal yang cukup padat dan memiliki kebutuhan yang cukup banyak maka freelancer merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi mahasiswa. selain itu, mahasiswa dapat menyesuaikan waktu yang dimiliki. dengan demikian, Anda tetap dapat melaksanakan tugas-tugas Anda sebagai mahasiswa. contoh pekerjaan freelancer yaitu, jasa desain grafis, jasa menulis artikel, asisten virtual, membuka kursus Online dan sebagainya



2. Reseller
Usaha ini tidak mengenal batasan umur siapa saja dapat menekuninya terutama mahasiswa. sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai reseller. Reseller adalah suatu kegiatan berbisnis berbasis Online. Bisnis reseller ini biasanya banyak dijalankan oleh kaum hawa. namun tidak menutup kemungkinan bagi kaum pria. Saat ini bisnis reseller yang sangat populer untuk kategori pakaian, kosmetik, tas, sepatu, gadget dan sebagainya.


3. Jasa Print
Mengingat mahasiswa yang selalu memiliki banyak tugas, terutama tugas yang harus diserahkan dalam bentuk hardcopy atau hasil dari print. maka bisnis ini dapat dijadikan peluang bagi  mahasiswa untuk menghasilkan uang tambahan. Bayangkan, hampir setiap harinya ada saja tugas yang harus diprint out para mahasiswa.  Anda dapat memulai usaha ini dengan modal membeli printer sekitar harga Rp.500.000an serta mengunakan tinta suntik untuk menghemat pengeluaran(Rp.25.000/warna isi 100ml bisa cetak diatas 1000). Contohnya dalam satu kelas, setiap mahasiswa harus mengumpulkan tugas makalah dengan minimal 15-20 halaman per orangnya. Apabila disetiap kelas terdapat 25 mahasiswa. kira-kira dalam 1 kelas yang harus di print out sekitar 375 - 500 halaman. Jika 1 lembar kita patok harga Rp.500,- (Harga tersebut diasumsikan sudah dapat bersaing dengan usaha fotocopy disekitaran kampus) maka dalam 1 kelas sudah bisa menghasilkan sekitar Rp.187.500,- sampai Rp.250.000,- . Hitungan untuk biaya kertas 1 rim Rp.40.000,- dengan jumlah kertas 500 lembar per lembar Rp.80,- , biaya pemakain tinta untuk 375-500 halam sekitar Rp.10.000an. Maka Anda bisa menghasilkan penghasilan bersih sekitar Rp 100.000 - Rp. 150.000. banyak bukan ?.


4. Danus (Dana Usaha)
Usaha yang satu ini sudah sering dilakukan oleh mahasiswa karena usaha ini cukup mudah dijalankan dan banyak jenisnya seperti, berjualan makanan, minuman, stiker, pakaian dan sebagainya. Anda cukup menyiapkan modal untuk membeli atau memproduksi yang akan Anda jual. Selain itu, Anda mampu membujuk pembeli agar membeli apa yang Anda jual. 


5. Youtuber
Saat ini banyak anak muda yang berlomba-lomba menjadi Youtuber dikarenakan tergiur oleh penghasilan para youtuber Indonesia yang bisa mencapai angka diatas Rp.20 Juta/Bulan. Anda sebagai mahaiswa juga dapat memanfaatkan kecangihan teknologi ini dengan cara menjadi youtuber yang membahas topik yang berkaitan dengan jurusan Anda, gaming, moto vlog atau sebagainya dan ingat jangan sampai kegiatan ini menggangu proses kegiatan Anda. tetap jadikan fokus Anda pada perkuliahan.



6. Blogger
Untuk Blogger ini hampir sama dengan youtuber. cara menghasilkan uang dengan cara ini tidak bisa instan tapi Anda harus menunggu. Menurut saya waktu yang tepat untuk memulai usaha ini yaitu pada awal masuk kuliah. Bagaimana cara memulainya ?? tentunya pada saat kuliah Anda mendapatkan banyak pengetahuan mengenai jurusan Anda. Nah, Anda dapat menuliskan atau berbagi ilmu yang Anda dapat di dunia perkuliah melalui tulisan di website/blog ini. Jika blog atau website Anda sudah sekitar 8 bulan Anda bisa mendaftarkan blog Anda ke program Google Andsense. jika Anda rutin menulis tentunya saat Anda berat pada semester 5,6,7 atau 8 Anda telah memiliki pendapatan yang pasti dan tentunya bisa menutupi keperluan Anda disemester akhir seperti untuk kegiatan printing. Selain itu ada hal postif dari menulis artikel kedalam blog/website yaitu Anda dapat mengulang pelajaran yang Anda dapat diperkuliahan sekaligus belajar kembali tentang apa yang dipelajari diperkuliahan.


7. Guru Privat
Yang satu ini cukup diminati selain menghasilkan uang Anda dapat mengingat kembali pelajaran-pelajaran masa lampau. Anda dapat memberikan les privat kepada anak SD,SMP,SMA bahkan teman kuliah Anda. Anda dapat memulai dengan manjadi guru privat disekitar wilayah rumah Anda. selain itu Anda dapat melamar menjadi guru privet memalui lemba bimbinan belajar. Penghasilan menjadi guru privat sekitar Rp.20.000 - Rp. 80.000 sekali pertemuan.



8. Jual Pulsa
Usaha yang satu ini sudah tidak asing lagi dikalangan mahasiswa. Anda cukup bermodal handphone atau smartphone dan sedikit modal tambahan untuk membeli saldo pulsa maka Anda siap memulai usaha ini. namun dalam usaha ini Anda harus sabar jika menemukan teman atau pembeli yang menghutang. Sedikit saja Anda tidak sabar atau meluapkan rasa kesal tentunya Anda kehilangan pelanggan. memang jika kita dihutangi memperlambat penghasilan mengingat keuntungan dari penjualan pulsa ini tidak seberapa. 


9. Jasa Ketik
Jasa Ketik biasa disebut Joki tugas. Ini juga bisa anda manfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan. Biasanya ada teman yang tidak memiliki waktu untuk mengerjakan tugasnya dan terkadang mereka menewarkan "Bre bisa bantuin kerjain tugas gw ngga?? nanti gw kasih ongkos eh". Untuk melakukan usaha ini dengan catatan anda harus memperioritaskan tugas anda terlebih dahulu.



10. Driver Online
Yang satu ini sedikit menguras tenaga. namun bagi kalian mahasiswa yang pulang-pergi alias PP Anda dapat memanfaatkan kemajuan teknologi ini tapi tidak menutup kemungkin bagi para mahasiswa yang mengekos. Sepulang kuliah Anda dapat menjadi Driver Online dan apabila kebetulan mendapatkan orderan yang searah dengan arah pulang tentunya itu rezeki bagi kalian. karena sembari Anda pulang Anda dapat mengantongi sedikit uang jajan. Tapi jangan terlalu intens untuk pekerjaan ini dan jangan sampai menggangu kegiatan kuliah Anda. 
.
Baca Juga
Share:

1 comment:

Artikel Terbaru