Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Cara Mudah Mengecat Dinding Rumah Sendiri

      Hallo Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengecat rumah yang baik dan benar tanpa meninggalkan tumpahan cat. Pengecatan rumah biasanya dilakukan saat tipa hari-hari penting seperti Hari raya, tahun baru dan sebagainya. Hal tersebut dilakukan untuk memperoleh suasana baru pada lingkungan rumah. Berikut ini adalah tips untuk anda yang ingin mengecat rumah, simak tips dibawah ini:

1. Pastikan Alat dan bahan sudat tersedia.

Pastikan alat dan bahan untuk menunjang pekerjaan mengecat ini sudah terpenuhi, berikut ini alat dan bahan yang harus dipersiapkan : Cat, Kuas cat, roll cat, Isolatip, Koran, Sarung tangan, Masker dll
2. Melepas Seluruh Aksesoris Dinding


Setelah alat dan bahan tersedia lepaskan aksesoris yang menempel pada dinding rumah yang ingin anda cat. Tujuannya agar tidak ada aksesoris milik anda yang tercat. Anda bisa memindahkan keruangan yang sedang tidak dicat atau diruangan yang akan dicat namun anda harus membungkus aksesoris tersebut dengan plastik. Jangan lupa tutup lubang stopkontak dengan solatip. (Area Tekniik Sipil)

3. Pembersihan dan Penambalan dinding
Bersihkanlah permukaan dinding dari minyak atau noda-noda lain. tujuannya agar cat menempel sempurna dengan dinding sehingga tidak terjadi pengelupasan cat sesudahnya. Jika anda menemukan lubang pada dinding akibat dari lubang paku atau lainnya anda dapat menambalnya dengan semen putih. namun jika lubang yang anda jumpai sangat besar anda perlu menambalnya dengan adukan semen dan pasir. (Area Teknik Sipil)

4. Siapkan Koran

Selanjutnya siapkan koran pada lantai di dekat area didinding yang akan dicat. tujuannya agar cat tidak menetes ke lantai. anda juga bisa menambahkan solatip/plester pada bagian antara dinding dan lantai sebagai pembatas sekaligus pencegah aliran cat menuju lantai.

5. Pengecatan Dinding

 Ok setelah semua siap barulah lakukan pengecatan pada dinding/tembok. pengecatan sebaiknya dilakukan dua lapis. lapis dasar dan lapis warna. pertama cat lah dinding dengan lapis dasar berwarna putih dan lapisan selanjutnya baru gunakan warna yang anda inginkan. Pastikan gunakan sarung tangan dan masker tentnunya saat proses pengecatan.

Demikianlah Cara mengecat tembok yang baik dan benar. Semoga Bermanfaat

Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru