Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Cara Membuat Diagram Interaksi Kolom dengan PCA Column

Hai, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengoprasikan software PCA Column atau membuat diagram interaksi kolom dengan software PCA Column. PCA Column merupakan software yang digunakan untuk mendesign dan mengivestigasi struktur kolom pada bangunan baik itu gedung,rumah atau bangunan lain yang memiliki struktur kolom. Berikut dibawah ini tata cara pengoprasian software atau aplikasi PCA Column :

STEP 1
Pilih Tab File - New

STEP 2
Pilih Tab Input - General Information. 


STEP 3
Pilih Tab Input - Material Properties



STEP 4
Pilih Tab Input - Section - Rectangular


STEP 5
Pilih Tab Option - Startup Default


STEP 6
Pilih Tab Option - Rebar Database



STEP 7
Pilih Tab Input - Reinforment - All Side Qual



STEP 8
Pilih Tab Input - Load - Factored (Masukan Beban yang diterima oleh kolom berdasarkan analisa struktur melalui aplikasi SAP2000, ETABS atau manual).


STEP 9
Selanjutnya untuk menganalisa dari apa yang sudah kita masukan klik tab Solve - Excute (Atau tekan F5).



STEP 10 
Export atau mengcopy grafik kedalam excel,word atau powerpoint. dengan cara mengklik bagian yang diberi tanda centang dibawah ini.


Lalu pastekan pada program word,excel atau powerpoint.


Demikianlah artikel diatas semoga dapat bermanfaat. dan jangan lupa bagikan artikel ini agar orang lain juga mendapatkan manfaat dari artikel ini. Terimakasih.


Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru