Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Command atau Perintah dasar AutoCAD untuk Pemula.



AutoCAD adalah software atau perangkat lunak berbasis komputer yang digunakan atau difungsikan untuk mengambar baik itu gambar 2 dimensi maupun gambar 3 Dimensi. Autocad Dikembangkan oleh Autodesk. Saat ini autocad banyak digunakan bahkan telah menyingkirkan gambar manual dikarenakan kerapihan, ketepatan, Ekonomis dan efisiensi waktu lebih menguntungkan dibandingkan gambar manual. Jika anda baru belajar atau mengenal autocad berikut ini adalah beberapa command dasar bagi pemula. Jika anda dapat mengenal dan menguasai command dibawah ini tentunya kalian dapat menguasai AutoCAD walau tidak sepenuhnya. setidaknya anda dapat mampu mengoprasikan software dengan baik. Berikut ini adalah beberapa commandnya:

(Anda dapat langsung menuliskan command saat software AutoCAD terbuka)




1.Line (Cukup Ketik L + Enter): Digunakan untuk membuat garis. ( Untuk garis lurus tekan F8 1x)
2.Circle (C + Enter) : Digunakan untuk membuat objek lingkaran ( Setelah C + Enter anda dapat mengetikan angka radius atau jari jari dari lingkaran tersebut dan selanjutnya tekan enter)

3.Rectang (Rec + Enter) : Digunakan untuk membuat objek Persegi ( Setela Rec + Enter + ( Panjang Sisi Pertama) + Tab lalu isi ( Panjang untuk sisi yang lainnya). Contoh untuk membuat Persegi ukuran 40 x 40 Maka lakukan : Rec + Enter + 40 + Tab + 40.


4.Poligon (Polygon + Enter): Digunakan untuk membuat objek poligon. untuk membuat jumlah banyaknya sisi pada poligon ketikan perintah : (Polygon + Enter + Ketikan jumlah sisi + Enter).

5.Fillet (Fillet + Enter): Digunakan untuk menghubungkan 2 garis dengan sudut siku atau melenkung (Fillet + Enter + Klik 2 obeject yang akan dihubungkan + Enter) untuk menghubungkan kedua objek tersebut dengan membentuk lengkungan anda dapat memasukan perintah : (Fillet + Enter + Ketikan radius + Enter + Ketikan Angka radius ( Contoh 5 Drajjat) + Enter + Klik Objek 1 dan objek 2).

6.Trim (Tr + Enter): digunakan untuk memotong objek terhadap objek acuan. Contoh kita mempuyai 2 garis yang bersilangan yaitu garis a dan b ( bersilangan seperti huruf + ) dan kita akan memotong garis b dengan acuan pemotongnya adalah garis a agar menjadi bentuk T. untuk melakukan perintah seperti contoh : Ketikan tr + enter + klik objek acuan pemotong + klik objek yang ingin di potong.

7.Join ( Join + Enter): Digunakan untuk menggabungkan 2 garis menjadi satu kesatuan ( Join + Enter + Seleksi objek garis yang akan digabungkan)

8. Explode ( Exp + Enter): Digunakan untuk meledakan atau memecah objek. contoh satu kesatuan bangun persegi akan di pecah menjadi 4 garis yang sama panjang yang tidak saling terhubung atau terkoneksi.( Seleksi Objek yang akan dipecah + Explode + Enter).

9. Group (Group  + Enter): Digunakan untuk mengelompokan beberapa objek tanpa menjadikannya dalam sebuah kesatuan.  ( Anda dapat melakukan perintah group dengan cara: Seleksi beberap objek yang akan di kelompokan + Klik kanan + Pilih Group + Pilih Group).

10. Mirror ( Mirror + Enter) : Digunakan untuk membuat cerminan dari objek yang dipilih. caranya klik (Klik objek yang akan di cerminkan + Mirror + Tentukan titik pencerminan + lalu tekan F8 + Klik sembarang Atas/Bawah/Kiri/Kanan).

11. Rotate ( Rotate + Enter): Digunakan untuk memutar suatu objek terhadap poros putarnya.

12. Extend (Ext + Enter):  Digunakan untuk menghubungkan 2 objek atau memanjangkan objek hingga menyentuh salah satu bagian objek lainnya. ( Klik Objek 1 +  Ketik Extend + Enter + Klik Objek ke 2 ( Merupakan objek yang akan diperpanjang).

13. Copy ( Copy + Enter): Digunakan untuk menduplikat suatu objek ( Anda dapat melakukan perintah copy dengan cara: Seleksi objek yang ingin diduplkat + Klik kanan + Pilih Copy + Klik manapun ( Titik sebagai acuan duplikat).

14. Aray ( Array + Enter): Digunakan untuk mendupikasi objek baik itu membentuk kolom dan baris / Melingkar.

15. DimLinear (DLI + Enter): Digunakan untuk mengetahui panjang atau ukuran dari suatu objek. Contoh kita mempunyai sebuah garis dan menamai ujung ujung garis tersebut dengan simbol A dan B. (Ketikan DLI + Enter + Klik ujung A + Klik Ujung B + Enter). Ada 3 tipe command untuk menentukan dimensi atau panjang dari suatu object yaitu (Linear digunakan untuk garis tegak lurus, Aligned digunakan untuk objek membentuk sudut dan terakhir  Angular digunakan untuk mengukur sudur.)


16. Dimcontinue (DCO + Eenter): Digunakan untuk mengetahui panjang yang merukan kelanjutan dari command DimLinear. contoh setelah selesai mengukura jarak dengan Command DimLinear anda dapat melanjutkan pengukuran dengan perintah DCO.


17. Offset (Off + Enter): Digunakan untuk mengcopy suatu objek dengan jarak tertentu atau memperbanyak objek dengan sejajar. ( Klik Objek + Offset + Ketikan Jarak/Nilai Offset Contoh 10 untuk offset sepanjang 10cm +klik kiri/kananatas/bawah)

18. Hatch (Hatch + Enter): Digunakan untuk mewarnai atau mengarsir suatu objek. (Klik hatch + Enter + Klik Objek yang akan diwarnai ( Catatan Objek tertutup ). 


19. Scale (Scale + Enter) : Digunakan untuk memperbesar obejek atau memperkecil objek. ( Klik Objek + Scale + Klik manapun sebagai titik poros pembesaran + Ketikan angka 2 untuk memper besar 2x lipat).

20. Text (DT + Enter + J + ML +Enter + Klik Layar + Ketikan Tinggi Text Contoh "5" + Klik + Tulislah Text ) digunakan untuk membuat subuah text atau keterangan dari suatu objek. untutk mengakhiri command cukup tekan enter.

Dengan menguasai beberapa command atau perindah dasar diatas anda dapat menguasai autocad walau tidak sehebat masternya. Untuk tutorial command yang lebih komplek saya akan membahas di artikel berikutnya. dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang tentunya ingin mempelajari software AutoCAD. 


Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru