Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

5 Software Perhitungan Analisis Struktur Bangunan

Perkembangan Teknologi dalam bidang konstruksi telah melahirkan software-software yang sangat membantu dalam permodelan, perancangan dan pendesignan suatu bangunan konstruksi. tentunya dengan adanya software-software tersebut kita mampu memangkas waktu yang diperukan selama proses perencanaan. Dahulu untuk membuat gambar seorang arsitek atau engineering membuatnya disebuah meja besar dan bayangkan untuk menciptakan gambar yang sangat kompleks membutuhkan beberapa banyak waktu? belum lagi jika ada kesalahan. Saat ini gambar sudah dapat diproduksi dengan bantuan Software AutoCAD dan Sketchup. Dan dahulu untuk membuat perhitungan konstruksi juga masih digunakan cara manual mengunakan cara rekayasa teknik/Mekanika teknik untuk struktur bangunan. Jika kita menghitung untuk struktur yang sederhana mungkin tidak terlalu masalah. namun bagaimana dengan struktur yang kompleks? karena di era ini banyak bentuk bangunan yang memiliki model atau bentuk fisik yang unik dan beragam. bayangkan jika di era ini masih mengunakan sistem perhitungan manual untuk bangunan yang kompleks tersebut?. Untung nya sudah ada beberapa software yang dapat kita gunakan untuk membuat perhitungan rekaya teknik tersebut. beriukut beberapa software Perhitungan Struktur bangunan.

1. SAP2000


Program ini mungkin bisa dibilang yang terpopuler diantara program lainnya. Karena didalamnya anda dapat membuat permodelan untuk bangunan gedung, rumah, atau jembatan. User Interface dari software ini terbilang simpel dan sederhana. untuk mengunakan software ini anda juga harus mengacu pada peraturan-peraturan RSNI/SNI, jika kalian merancang bangunan untuk daerah sekitar Indonesia. Dalam program ini kalian dapat menentukan kira-kira berapasih tulangan yang harus dipasang untuk struktur balok agar balok tersebut kuat menahan gaya yang bekerja. menentukan ukuran/profile baik itu profile baja atau beton. 

2. ETABS


Software yang satu ini memang mirip dengan SAP2000 dikarenakan software ini dikembangkan oleh perusahaan yang sama yaitu Computers and Structures, Incorporated (CSI). Tool didalamnya tidak terlalu berbeda dengan SAP2000 namun software ini lebih dirangcang untuk perencanaan gedung-gedung bertingkat. Berbeda dengan sap jika anda mengunakan software ini untuk membuat gedung bertingkat penamaan sudah otomatis mengikuti jumlah lantai yang dibuat. dan perhitungan untuk balok, kolom dapat dibaca secara terpisah. Jika dilihat memang software ini dibuat khusus untuk perencanaan struktur gedung ya.

3. TEKLA STRUCTURE



Tekla Structure merupakan sebuah aplikasi rekayasa teknik dengan permodelan 3D yang sangat felksibelitas untuk medesign berbagai macam bentuk kompenen suatu struktur baik itu baja,beton atau bebergai jenis material lainnya. Secara fungsional tentu sama dengan 2 software sebelumnya. pada software ini kita dapat dengan cepat untuk memodelkan suatu jenis profile atau penampang yang akan digunakan. 

4. MIDAS


Midas Terdapat 2 varian yaitu Midas Gen dan Midas Civil. Software tersebut dibuat untuk analisis dan mendesign secara optimal dari suatu struktur. Software ini telah dikembangkan terus menerus sehingga analisis dari komponen struktural dan pendesignan dapat akurat dan tentunya dalam waktu yang singkat. Midas Gen digunakan untuk perancangan bangunan umum. sedangkan Midas Civil digunakan untuk bangunan seperti Jembatan, Pelabuhan atau Tunnel.

5. SANSPRO


Software ini merupakan kreasi atau produk buatan anak bangsa yang tentunya cukup membanggakan. Seperti software struktur lainnya. Sanspro berbasis finite elemen yang merupakan suatu metode numerik atau sebuah penekatan sehingga ketelitian sangat tergantung dari elemen yang digunakan. Oleh sebeb itu diperlukanlah meshing yang cukup dalam permodelannya.

Demikianlah beberapa software untuk perhitungan Struktur. jika disuruh memelih mana yang terbaik tentunya semua software diatas semuanya baik. walau disetiap software memiliki beberapa perbedaan. dan untuk pengunaan sendiri menyesuaikan dengan instansi atau kemampuan anda dalam mengoprasikan software tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lain yang relevan dengan artikel ini :
 5 Aplikasi Design PC Terbaik (Baca Disini)

7 Software teknik sipil Populer 2018
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru