Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Fungsi Pipa Pada Dinding Penahan Tanah

Dinding penahan tanah adalah suatu konstruksi penahan yang dibuat agar tanah tidak longsor. Konstruksi ini digunakan untuk suatu tebing yang agak curam/terjal yang tanpa dinding penahan tanah tersebut akan longor. Dinding penahan tanah juga digunakan bila suatu jalan dibangun berbatasan dengan sungai, danau atau tanah paya. 

Bahan yang digunakan di belakang dinding penahan tanah disebut tanah urugan (backfill). Tanah urugan ini sebaiknya, dipilih dari bahan lolos air atau tanah berbutir seperti pasi, krikil atau batu pecah. Tanah lempung tidak disarankan untuk digunakan sebagai tanah urugan. jika kemungkinan akan terjadi perubahan muka air tanah pada tanah urugan, maka hal ini harus diperhitungan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan khusus.

Sekarang kembali kepertannyaan atau judul artikel " Fungsi Pipa PVC pada dinding penahan tanah". Pernahkah Anda melihat pipa pvc pada bangunan dinding penahan tanah, pondasi dangkal atau pada bangunan talud?. Kira kira seperti dibawah ini letak pvc pada konstruksi penahan tanah.


PVC itu disematkan pada konstruksi tersebut berdasarkan kondisi perencanaan. Jadi saat kita merencanakan konstruksi Dinding penahan tanah, Talud atau bangunan sejenis yang difungsikan untuk menahan tekanan tanah dibelakangnya tentunya ada beberapa gaya yang bekerja yaitu gaya akibat tekanan tanah itu sendiri, gaya akibat beban diatasnya dan gaya akibat tekanan air tanah yang mendesak dinding penahan tanah tersebut. 

Jadi apabila saat perencanaan kita menganggap nilai gaya akibat tekanan air tanah itu sama dengan NOL atau bisa dikatakan tidak ada air yang terperangkap pada wilayah tanah urug. maka kita bisa menambahkan Pipa-pipa pvc tersebut dengan tujual seperti asumsi atau anggapan sebelumnya. Pipa-pipa tersebut difungsikan agar saat terjadi hujan air yang masuk tidak mengendap dan dapat dialirkan keluar melalui pipa-pipa pvc tersebut. 

Jadi jangan sampai salah antara perencanaan dan implementasi dilapangan. Bayangkan jika kalian merencanakan tidak menghitung atau menganggap tekanan air itu sama dengan Nol tetapi pada pembuatan konstruksi di lapangan kalian tidak menyematkan Pipa pipa pvc tersebut. tentunya akan ada gaya lebih yang bisa menyebabkan konstruksi Dinding penahan tanah atau talud Anda runtuh.


Sekian Infromasi dari artikel ini semoga bermanfaat dan berguna. Apabila ada kesalahan dalam penyampaian artikel ini mohon maaf. Terimaksih Telah Membaca.


Baca Juga
Share:

4 comments:

  1. Padahal yg runtuh itu sdh ada pvc pak, gimana tuh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Romly CST, Untuk terkait dambar diatas itu bukan termasuk pipa penunjang struktur DPT, bisa dilihat dari panjangnya pipanya, pipa pada gambar merupakan pipa instalasi pembuang rumah warga(Pipa pengalir untuk DPT hanya sebatas/sepanjang demensi dari penampang melintang DPT.. Semoga membantu..

      Delete
  2. Harusnya tiap maks 4 meter dibuat tiang lagi dan balokan di tengah. Kira2 begitu

    ReplyDelete
  3. Apakah pemakaian pvc pada TPT wajib? Apakah itu tertera dalam RAB ?

    ReplyDelete

Artikel Terbaru