Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Menghitung Simpel Beam Basis Online

Simple Beam adalah komponen balok sederhana yang merupakan komponen lentur. Terdapat serat tarik pada daerah bawah dan serat tarik pada daerah bawah. Simple beam bisa digunakan untuk permodelan suatu struktur seperti balok bangunan, Balok girder jembatan baik itu yang terbuat dari baja, beton atau beton prategang. Nah untuk menghitung komponen dari simple beam kita wajib menguasai ilmu mekanika teknik dasar. 

Dalam perhitungan mekanika teknik (Mektek) secara manual kita menghitung reaksi perletakan berupa gaya Rav (Ra) atau Rbv (Rb). serta kita mencari gaya lintang dan momen yang berkerja pada struktur tersebut. Anda bisa meilihat contoh perhitungan mekanika teknik pada artikel saya dibawah ini.




Selain mengitung simple beam secara manua anda juga dapat menghitung simple beam secara online. ada beberapa situs atau website luar negeri yang didalamnya menyediakan fitur menghitung komponen struktur simple beam secara online. 

Berikut ini adalah link website yang menyediakan perhitungan simple beam berbasis online

1.  www.beamguru.com
2.  www.enginerringcalculator.com
3.  www.skyciv.com

berikut ini adalah contoh perhitungan memalui website beamguru.com :




Pada tab select units anda dapat menentukan satuan yang akan digunakan.

Setting The length beam merupakan pengaturan dari panjang bentang/span.

Setting the support of beam. digunakan untuk memilih jenis tumpuan yang akan dipakai.

Setting the load beam, nah pada tab ini anda dapat mengatur jenis beban dan besarnya beban serta arah kerja beban tersebut.

Setelah itu untuk melihat hasil dari struktur yang anda buat anda dapat memilih menu "SOLVE".. dan akan tampil hasil seperti dibawah ini.


Demikianlah artikel diatas semoga bermanfaat. Terimakasih
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru