Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Penyebab Keretakan pada Dinding

 

 

       Kerusakan dinding sering terjadi pada sebuah bangunan. keretakan tersebut tentunya menimbulkan masalah tersendiri seperti pada aspek kenyamanan akan terganggu. contohnya apabila Anda ingin , membeli sebuah rumah, ternyata tembok rumah tersebut memiliki dinding yang mengalami keretakan. pastinya Anda akan mempertimbangkan kembali jika ingin membeli rumah tersebut. Selain faktor kenyamanan keretakan pada dinding juga mengurangi nilai estitika pada bangunan. kira kira apa saja penebab keretakan pada dinding ?. berikut beberapa penyebab kerusakan pada dinding.

1. Penurunan tanah.



Penurunan tanah menyebabkan bangunan/konstruksi diatasnya juga mengalami penurunan. Ingat "Tidak ada bangunan yang tidak mengalami penurunan". Penurunan tanah terjadi akibat tanah yang terbebani dengan waktu yang lama. hal tersebut membuat air yang terdapat pada rongga tanah tertekan keluar yang nantinya rongga / pori tanah akan berkurang. nah hal tersebutlah yang menimbulkan penurunan tanah. Penurunan tanah disetiap titik tidaklah sama, karena tanah di beberapa titik tersebut tidak homogen alias berbeda. perbedaan tersebut membuat besarnya penurunan yang tidak seragam pada bangunan, karena penurunan tidak seragam bangunan akan mengalami keretakan pada dinding / bagian struktur.

2. Perubahan cuaca.



Perubahan cuaca yang tidak menentu akan berdampak buruk pada sebuah konstruksi. Panas dan dinginnya cuaca yang berganti ganti akan menyebabkan bahan bangunan memuai dan menyusut. hal tersebut sekian lama akan membuat kerusakan khususnya pada dinding bangunan.

3. Lembab




Kelembaban pada suatu ruangan dapat menyebabkan keretakan pada dinding. hal tersebut dikarenakan masuknya air kedalam celah celah konstruksi bangunan seperti dinding. rumah yang lembab juga membuat dinding rumah mengelembung dan berdampak pada retaknya lapisan acian. selain itu ruangan yang lembab juga memiliki aroma atau bau yang tidak sedap.

4. Gempa



Gempa bumi merupakan "Force Majeure". guncangan yang disebabkan oleh gempa bumi tentunya dapat menyebabkan keretakan pada bangunan khususnya pada dinding.

Demikianlah penyebab retak pada dinding. semoga bermanfaat
Salam Teknik...

Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru