Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Baja Ringan, Baca sebelum membeli !


Hallo Civils, kalian tentunya sudah pada tahu dong mengenai konstruksi Atap Baja Ringan???. Benar sekali, Konstruksi Atap Baja ringan saat ini sangat digemari dan paling banyak digunakan untuk konstruksi rumah maupun gedung beringkat loh. Tentunya hal tersebut didasari dari kelebihan material Atap Baja Ringan ini sendiri, namun ada juga kekurangan material tersebut. untuk lebih jelasnya berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari Atap Baja Ringan;

Kelebihan :
  1. Sesuai namanya "Atap Baja Ringan" tentunya material ini jauh lebih ringan dari pada rangka atap yang terubat dari kayu. tentunya hal ini sangat menguntungkan apabila suatu konstruksi berada di zona gempa karena karena berat dari konstruksi dapat sedikit di reduksi ya.
  2. Bebas dari rayap. Hal yang satu iin tentu dikarenakan terbuat dari logam campuran besi. berbeda dengan kayu alam yang mudah dimakan rayap apabila tidak dilakukan perawatan khusus tentunya.
  3. Tidak mengalami perubahan yang berlebihan akibat faktor cuaca seperti penyusutan. memang ada penyusutan namun sangat kecil berbeda dengan material kayu. apabila cuaca lembab ia akan memuai dan sebaliknya.
  4. Apabila terjadi kebakaran material ini tidak akan ikut terbakar atau menjadi bahan bakar api. tentunya akan mengurangi membesarnya zona api saat terjadi kebakaran.
Kekurangan :
  1. Atap baja ringan kurang memiliki nilai estetika. karena rangkainya yang cukup riwet atau rumit. Saran digunakan penutup plafon/
  2. Harga tidak murah. dipasaran biasanya dijual terpisah antara profil baja ringan tersebut dengan material-material lain sebagai komponen penunjang dari atap baja ringan tersebut.
  3. Apabila tidak dipasang dengan benar. konstruksi dari atap baja ringan ini akan mudah terlepas dan terbawa angin. Jadi pastikan pemasangannya kuat dan kokoh.
  4. Rangka baja ringan ini tidak seflaksibel material kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai bentuk profil
Demikianlah artikel mengenai kelebihan dan kekurangan atap baja ringan Semoga bermanfaat..
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru