Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Faktor yang mempengaruhi Perencanaan Jalan

Beberapa faktor yang mempengaruhi perencanaan Jalan.

1. Lalu Lintas




Lalu lintas mengambil peran yang penting terhadap perencanaan suatu jalan. Data lalu lintas yang digunakan merupakan data lalu lintas perhari dalam 1 tahun yang dikenal dengan istilah LHR ( Lalu Lintas Harian Rata Rata ). Selain itu data Jenis kendaraan serta kecepatan kendaraan juga sangat penting dalam menentukan perencanaan suatu Jalan.

2. Keadaan Topografi



Merupakan faktor terpenting dalam perencanaan jalan. Bentuk topografi sangat mempengaruhi geometrik suatu jalan seperti kelandaian suatu jalan, tikungan dan jarak pandang. sebagai contoh topografi di area pantai dan di pegunungan. di daerah pantai jalan relatif landai dan jarang dijumpai jarang bergelombang sedangkan di daerah gunung kita akan lebih sering menemui jalan yang naik turun serta tikungan yang ekstrim.

3. Karakteristik Tanah




Apabila dalam area pembuatan jalan ditemukan suatu titik yang memiliki daya dukung tanah yang rendah atau merupakan daerah yang tidak baik untuk dilakukan pelaksanaan suatu jalan. maka hal tersebut akan membuat trase atau rute suatu perencanaan akan sedikit berubah untuk menghindari keadaan tanah tersebut.

4. Sosial Ekonomi



Ini merupakan faktor yang sangat penting. sebelum melakukan pembangunan perlu dikaji secara mendalam terkait keuntungan dan kerugian yang timbul akibat pembangunan jalan tersebut

Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru