Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Road Stud atau Mata Kucing pada Jalan

    

   Road  stud, Paku jalan atau yang sering disebut orang awam dengan julukan Mata Kucing merupakan kelengkapan pada suatu jalan sama halnya seperti marka jalan. Mata kucing ( Road Stud ) memiliki bentuk yang bermacam macam. dari bentuk seperti bola, piringan hingga blok alumunium tipis yang pada setiap bentuknya terdapat reflektor cahaya. 

Fungsi dari Mata Kucing ( Road Stud) ini adalah sebagai pengarah pengemudi kendaraan pada kondisi malam hari serta pada malam dengan kondisi berkabut atau hujan. karena pada malam hari jarak pandang untuk marka jalan sangat terbatas. sedangkan jika mengunakan Mata Kucing ( Road Stud ) Jarak pandang pengemudi untuk mengetahui bentuk jalan didepannya akan meningkat dikarenakan reflektor yang terdapat pada Mata kucing ( Road Stud ) tersebut memantulkan cahaya yang berasal dari lampu depan kendaraan. 



Namun saat ini ada Mata Kucing ( Road Stud ) yang telah dilengkapi mini panel surya. cara kerjanya pada saat siang hari energi dari paparan sinar matahari diubah manjadi cadangan listrik yang nantinya digunakan sebagai energi untuk penerangan pada saat malam hari.

Mata Kucing ( Road Stud ) Memiliki warna merah, putih , kuning dan hijau. setiap warna reflektor memiliki arti yang berbeda :

Merah :
Sebagai penanda tepi kiri jalan. yang artinya bahwa pengemudi dilarang melewati garis tersebut.






Putih :
Sebagai pemisah lajur kendaraan sama halnya dengan marka jalan.





Kuning :
Hampir sama dengan warna putih namun warna kuning menandai bahwa Anda berada lajur yang extreme. Warna kungin juga merupakan pembada dari suata jalur pada jalan tanpa median.



Hijau :
Tepi jalan lalu lintas dimana terdapat halte bus, area parkir atau cabang darj suatu jalan.





Demikian artikel diatas semoga bermanfaat.
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru