Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Perhitungan Penulangan Balok Jembatan



      Halo sahabat teknik! Pada kesempatan kali saya akan membahas bagaimana cara mendesign atau merencanakan penulangan pada balok. Sebelumnya balok merupakan komponen struktur lenter lentur, karena pada balok beban yang berkerja tegak lurus dengan sumbu penampang balok tersebut. Perencanaan balok sangan penting , karena nantinya balok akan menyalurkan beban mati dari plat lantai atau beban hidup diatas pelat lantai itu sendiri yang nantinya dari balok akan disalurkan ke kolom dan selanjutnya disalurkan ke pondasi lalu diteruskan ke lapisan tanah dasar. Ok langsung saya ke pembahasan. Simak baik baik ..

Contoh Pendesignan :

Akan dibuat jembatan struktur beton bertulang.panjang jembatan 12 meter. Panjang persegmen 4 meter ditopang dengan 2 pier setinggi 6 meter.  Apa bila jembatan direncanakan memikul beban hidup berjalan ditengah pelat sebesar 40 KN. dan beban orang ditrotoar sebesar 1,5 KN. dan pada jembatan tersebut terdapat genangan air hujan setebal 5 cm. tentukan dimensi balok serta konfigurasi penulangannya. ( data yang lain dapat dilihat di PDF berikut ):





Perhitungan Momen dan Gaya geser dilakukan mengunakan software SAP2000, untuk melihat perhitungan sap2000 klik disini.

Demikian artikel mengenai design penulangan pada balok.
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru