Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Jenis Jenis Turap

    Konstruksi turap adalah satu konstruksi yang banyak digunakan dalam rekayasa sipil, yang biasa berupa konstruksi sederhana hingga konstruksi sangat besar dan kompleks. Tiang-tiang turap (Sheet Piles) sering digunakan untuk membangun sebuah dinding yang berfungsi sebagai penahan tanah, yang bisa berupa konstruksi berskala besar maupun kecil. sebagai contoh pada gambar 1. terlihat konstruksi dinding turap (sheet pile walls) yang mengarah ke pantai yang dapat berupa sebuah dermaga atau sebuah fasilitas dok kapal. dinding turap, oleh karena fungsinya sebagai penahan tanah, maka konstruksi ini digolongkan juga sebagai jenis lain dari dinding penahan tanah (retaining walls).

Perbedaan mendasar antara dinding turap dan dinding penahan tanah terletak pada keuntungan penggunaan dinding turap pada kondisi tidak diperlukannya pengeringan air (dewatering). terdapat beberapa jenis tiang turap yang biasa digunakan:
  1. Tiang turap kayu
  2. Tiang turap beton precast
  3. Tiang turap baja



Turap Kayu


Turap kayu digunakan hanya untuk konstruksi ringan yang bersifat sementara yang berada di atas permukaan air. tiang turap yang biasa digunakan adalah papan kayu atau beberapa  papan yang digabung ( Wakefield piles ). 



Turap Beton dan Baja



Tiang turap beton pracetak adalah untuk konstruksi berat yang dirancang dengan tulangan untuk menahan beban permanen setelah konstruksi dan juga untuk menangani tegangan yang dihasilkan selama konstruksi. penampang tiang tiang ini adalah sekitar skematik 500-800 mm lebar dan tebal 150 -250 mm. 


Tiang turap baja di USA adalah sekitar 10-13 mm tebal. penampang tiang turap yang berasal dari eropah bisa lenih tipis tetapi lebih lebar. penampang tiang biasa berbentuk Z lengkung dalam (deep arch), lengkung rendah (Low Arch), atau sayap lurus (Straight web). Interlok pada tiang turap dibentuk seperti jempol-telunjuk atau bola-keranjang untuk hubungan yang ketat untuk menahan air.

Tinggi turap baja sangat baik dugunkan karena daya tahan terhadap tegangan yang tinggi selama penyorongan ke dalam tanah yang keras. Tiang ini juga relatif ringan dan dapat digunakan kembali(Pengunaan yang berulang-ulang). OlehKarena itu turap baja sering dipakai untuk pemakaian sementara. Turap sementara dipakai tetika melakukan pneggalian, misaalnya dalam pembuatan gorong-gorong. setelah gorong-gorong berada pada kedudukan yang direncanakan, turap dicabut dan pengagalian. ditimbun kembali. Konstruksi sementara sering juga dipakai pada bendungan elak (Cofeferdam). Bendungan elak ini dibangun untuk melaksanakan proses dewatering selama konstruksi berlangsung.






Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru