Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Perbedaan Saluran Tertutup danTerbuka serta Aliran Tertutup dan Terbuka

   

   Halo Sahabat teknik. Sudah 2 bulan ini saya tidak menulis artikel pada blog ini. dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Saluran terbuka, saluran tertutup, aliran terbuka dan aliran tertutup. sebelum membahas ke empat hal diatas. kita pahami dulu kata Saluran.

Saluran adalah sebuah media yang digunakan untuk mengalirkan fluida. dalam bidang teknik sipil kata saluran sangat identik dengan irigasi atau drainase. Tahukah anda apa itu Irigasi ?.  Irigasi adalah sebuah upaya atau cara yang dilakukan manusia untuk mengaliri lahan pertanian. Sedangkan drainase secara umum memiliki arti tindakan teknis untuk mengurangi kelebihan air dalam satu konteks pemanfaatan tertentum baik yang berasal dari hujan, rembesan maupun yang lainnya disuatu kawasan. sehingga fungsi kawasan tidak terganggu. secara umum saluran dibagi menjadi 2 yaitu : Saluran tertutup dan saluran terbuka. dua jenis saluran ini memiliki kesamaan tertapi berbeda dalam satu ketentuan penting.


Saluran tertutup adalah saluran yang tidak berhubungan langsung dengan udara luar. contoh saluran tertutup sering kita jumpai pada perkotaan. seperti pada gorong gorong di pinggir jalan raya. sedangkan kita sering menemukan saluran tertutup contohnya pada bangunan sipon atau jaringan pipa PDAM.



Saluran terbuka adalah saluran yang permukaan airnya berhubungan langsung dengan udara luar. saluran terbuka sering kita temui pada area pedesaan. contohnya pada daerah sungai untuk pengaliran irigasi. Berikut gambar saluran terbuka.



Selain itu tahukah kalian mengenai apa perbedaan Aliran tertutup dan Aliran Terbuka?

Aliran tertutup adalah aliran yang terjadi akibat adanya perbedaan tekanan. pada sebuah saluran tertutup (Seluruh luasan terisi oleh fluida). disini diartikan Aliran tertutup  maka saluran yang digunakan juga tertutup.contoh dalam kasus ini adalah jaringan pipa air yang ada dirumah kita.

Gambar Aliran Tertutup


Aliran Terbuka adalah aliran yang terjadi akibatnya perbedaan tinggi elevasi muka air pada suatu wilayah akibat pengaruh dari gravitasi. berdasarkan hal ini Aliran terbuka dapat juga terjadi pada saluran tertutup. dan dapat ditarik kesimpulan bahwa saluran tertutup belum tentu memiliki aliran tertutup atau sebaliknya.
Gambar Aliran Terbuka

Demikianlah penjelasan mengenai Saluran terutup/terbuka serta Aliran tertutup/terbuka. Semoga bermanfaat terimakasih.
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru