Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Alat berat dan fungsinya yang wajib diketahui



       Alat berat digunakan sebagai alat untuk membuat suatu perkerjaan konstruksi menjadi efektif dan efisien jika digunakan pada suatu perkerjaan yang tepat.contoh jika ingin membuat galian 139 Meter kubik/hari akan lebih murah dan cepat dengan bantuan alat berat dibandingkan dengan mengunakan tenaga manusia yang nantinya menghasilkan output RAB yang lebih mahal. mengingat kegunaan alat berat cukup penting maka kita harus mengenal ya setidaknya alat berat yang sering digunakan pada suatu konstruksi. karena nantinya setiap jenis alat berat memilki fungsi yang berbeda dan ukuran yang beragam, prinsip kerja setiap alat berbeda dan masih banyak yang lainnya. jadi pengunaan alat berat harus disesuaikan dengan kondisi dilapangan. secara umum ada tigas jenis alat berat 
  1. Earth-Moving  Machinery ( Alat pemindah Tanah )
  2. Roadway Machinery ( 
  3. Lifting Machinery
berikut ini adalah alat berat dan fungsinya yang wajib kalian ketahui :

1. Buldoser ( Bulldozer )


Bulldozer suatu alat berat yang bentuknya menyerupai traktor tetapi memili roda rantai (Track Shoe) serta dilengkapi dengan pisau(Blade/pengupas) dibagian depannya. Bulldozer digunakan untuk memindah, meratakan, mengupas lapisan tanah dan menumbangkan pohon saat proses land clearing. 
berikut pisau atau blade yang sering digunakan bulldozer: Universal Blade(U-Blade), Straight Blade ( S-Blade),Anglling Blade ( A-Blade), Bowldozer. Bulldozer merupakan type : Earth-Moving Machinery.

2. Ekskavator ( Excavator)


Alat berat berat yang memanfaatkan prinsip hidrolis pada pengoprasiannya. Alat berat ini merupakan alat yang serbaguna karena dapat ditugaskan menangani berbagai macam pekerjaan alat berat lain. Ekskavator merupakan type Earth-Moving Machinery. Bisanya ekskavator digunakan utuk pengalian namun tidak terbatas hanya itu saja. ekskavator dapat ditugaskan untuk pekerjaan konstruksi seperti membuat kemiringan, mengisi tanah galian ke dumptruck, pemacah batu. ujung lengan ekskavator dapat diganti ganti sesuai kondisi pekerjaan.

3. Dump Truck 


Merupakan alat berat yang berfungsi sebagai pengangkut atu pemindah material dengan jarak tempuh menengah hingga jarak yang jauh. dump truck biasanya digunakan untuk mengakut material alam seperti tanah, pasir, batu split, dan juga material olahan lain seperti beton kering. bak dumptruck dapat dibuka dengan bantuan sistem hidrolik untuk menuangkan material yang diangkut.

4. Crane 


Alat berat pengangkut tipe Lifting Machinery. digunakan didalam proyek konstruksi untuk memindahkan material secara horizontal maupun vertikal kemudian untuk dipindahkan ketempat yang di inginkan. Crane memiliki tipe yang bermacam macam seperti crane beroda tractor, Mobil Crane/Truck Crane, Tower crane.







Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru