Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Apa saja yang dipelajari Mahasiswa Teknik Sipil ?

          



     Hello, kali ini saya akan membahas mengenai apa saja kira kira yang dipelajari mahasiswa "Teknik Sipil". mungkin bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan teknik sipil dan tidak terlalu tahu, sebenarnya apa saja yang dipelajari oleh mahasiswa Teknik sipil semoga artikel ini dapat membantu dan menghilangkan rasa penasaran kalian mengenai jurusan yang satu ini. Ok langsung saja ke pembahasan.

Apa yang kamu bayangkan saat mendengar jurusan teknik sipil ??.  Seorang Pegawai negeri sipil ??. Tenang pendapat kalian tidak salah salah banget sih. namun disini saya akan meluruskan mengenai pemahan tersebut. Jadi Teknik Sipil adalah cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang merencanakan, membangun dan merenovasi bangunan seperti gedung atau infrastruktur seperti pelabuhan, jembatan, jalan, stasiun, bandara, bendungan atau konstruksi sejenisnya. Jurusan teknik sipil memiliki ruang lingkup yang sangat luas didalamnya matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, hidrologi dan lingkungan serta komputer memiliki perannya masing masing. 

Lalu apa saja yang dipelajari mahasiswa teknik sipil ?. mahasiswa teknik sipil disemester awal mempelajari ilmu konstruksi dasar dan mata pelajaran umum seperti : Bahasa Indonesia, Matematika, Fisika, Pendidikan Agama, Statistika. kira kira ilmu dasar apa yang dipelajari mahasiswa teknik sipil pada semester awal tersebut. mahasiswa teknik sipil mempelajari ilmu konstruksi dasar seperti Mekanika Teknik I, Gambar Teknik, Teknologi Bahan, Ilmu Ukur Tanah. pertama.



Mekanika Teknik 1 dikenal juga sebagai mekanika rekayasa, merupakan bidang ilmu utama untuk prilaku struktur guys. perilaku struktur yang dimaksud berupa lendutan dan gaya gaya dalam yang bekerja pada suatu kompen struktur. Ini mata pelajaran yang penting loh. karena nantinya seluruh bangunan konstruksi apa saja yang akan dibuat dalam pendesignnya dibutuhkan output dari ilmu ini. jadi teknik sipil tanpa ilmu ini seperti sayur tanpa garam. Mekanika Teknik II, Mekanika Teknik III sampai 4 akan diterima disemester berikutnya, mungkin disetiap kampus berbeda beda. Intinya ilmu ini wajib banget kamu kuasai ya. 




Gambar Teknik. Nah disini kalian dilatih mengambar. pertama mungkin kalian dilatih mengambar di media kertas alias seperti kalian mengambar dibuku gambar. dan berikutnya kalian akan di ajari mengambar mengunakan software "AutoCAD". Autocad sendiri merupakan media pembuatan gambar berbasis komputer. nah dini computer ini hasil perhitungan mekanika teknik kalian akan dituangkan kedalam gambar atau diterjemahkan kedalam gambar yang nantinya akan menjadi acuan tukang dilapangan.



Teknologi bahan. pada awal kuliah kalian akan dikenalkan dengan bahan bahan atau material dasar untuk pembuatan konstruksi seperti semen, pasir, agregat, admixture. jadi intinya kalian akan dijelaskan mengenai bahan bahan tersebut yang nantinya akan berguna untuk semester berikutnya.



Ilmu Ukur Tanah. kalian akan diajarkan bagaimana cara mengukur dan mengunakan alat ukur untuk mengukur tanah. fungsi ilmu ukur tanah ini juga penting loh. ilmu ini berguna untuk menentukan luasnya suatu area, menentukan topografi, membuat jalan, mengecek kesejajaran suatu konstruksi. disini  kalian akan di ajarkan mengunakan alat sipat datar untuk semester awal dan berikutnya diperkenalkan alat  Theodolite.

Selain itu setiap mahasiswa teknik sipil akan belajar di workshop. pada saat diworkshop mahasiswa akan di ajarkan bagaimana cara membuat dinding yang benar, membuat bekisting, membuat beton, membuat perkerasan jalan, membuat pondasi, membuat konstruksi atap berupa kuda kuda, mengelas baja. makannya tidak heran kalau mahasiswa teknik sipil itu tanguh tanguh ya. dan ingat kegiatan workshop diatas itu bertujuan melatih pemahaman kita untuk di dunia kerja nanti. bukannya melatih kita menjadi tukang loh sob. 

Dan disemester berikutnya anda akan belajar banyak mengenai Teknik Sipil seperti Mekanika Tanah, Konstruksi Gedung, Konstukri Jalan Raya, Konstruksi Beton dan Beton Prategang, Estimasi biaya dan masih banyak yang lainnya. mungkin berikut yang bisa saya jelaskan semoga dengan kalaian membaca artikel di atas kalian akan lebih mantab untuk menjadi mahasiswa Teknik Sipil ya. Sekian semoga artikel di atas bermanfaat. apa bila ada kesalah dalam artikel diatas mohon berikan feedback berupa komentar dibawah artikel ini :)

Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru