Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

10 Terowongan Terpanjang di Dunia

Terowongan Atau Tunnel  Adalah suatu bangunan konstruksi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah titik jalan yang terpisah akibat adanya suatu rintangan seperti perbukitan, Gunung atau konstruksi lainnya. Di perkotaan Tunnel dapat dijumpai seperti Underpass ( Pasar Minggu dan Matraman) dan yang terbaru adalah MRT ( Mass Rapid Transit ). Terdapat banyak terowongan di dunia yang telah dibuat dan memiliki panjang yang bervariasi. Berikut ini beberapa Terowongan terpanjang didunia.


1. Gotthard Base Tunnel (Switzerland)



Terowongan Gotthard Base Tunnel dibuat dengan panjang lebih dari 35 mil atau setara 57.1 Kilometer yang dibuat tepat berada dibawah pegunungan Alpen dengan kedalaman terowongan atau tunnel sedalam 2.3 Kilometer. Proses Konstruksi terowongan Ini dimulai pada tahun 1998. Terowongan ini dinobatkan sebagai terowongan terpanjang yang pernah dibuat. Mega Proyek ini menghabiskan dana kurang lebih 7 miliar dollar AS.

Panjang : 57 Kilometer

2. Cannel Tunnel (Inggris dan Prancis)



Terowongan Cannel merupakan terowongan rel kereta terpanjang kedua. Terowongan ini menghubungkan Folkestone (Inggris) dengan Coquelles (Utara Prancis). Terowongan ini dibangun pada selat Dover (Sepanjang 39 Kilometer berada dibawah laut). Terowongan ini dapat ditempuh dengan waktu 20 menit dengan Kereta super cepat.

Panjang : 50 Kilometer

3. Laerdal Tunnel (Aurland, Norway)



Terowongan atau Tunnel Laerdal merupakan salah satu terowongan unik di dunia.Terowongan ini memiliki dua jalur yaitu European Route E16. Anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk melintasi terowongan ini. dan menurut peneliti terowongan ini terkesan monoton dan membosankan. Untuk mengatasi hal tersebut tim arsitektur dari terowongan ini memberi lampu lampu pada terowongan serta tikungan harus untuk mengatasi rasa bosan yang nantinya dapat mengurai konsentrasi pengemudi.


Panjang : 24.5 Kilometer

4. Tokyo Bay  Aqua-Line (Tokyo)



Tokyo Bay Aqua merupakan jalan tol yang menghubungkan Tokyo Bay di Kanazawa dengan chiba Prefektur . Keindahan dari Tunnel ini menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Panjang : 14 Kilometer

5. Eisenhower Tunnel (Colorado)



Terowongan ini murupakan salah satu terowongan terpanjang didunia. Dibangun 3.401 Meter dibawah permukaan laut dan terintergrasi dengan jalan tol besar sekitarnya. Sebelum pembukaan resmi terowongan pada tahun 1972. Seorang pengemudi Mabuk percaya dia harus menjadi orang pertama yang membawa kendaraan melewati terowongan tersebut lantas pengemudi tersebut ditangkap karena masuk tanpa ijin.


Panjang : 2.72 Kilometer

6. Spiralen Tunnel (Drammen, Norway)



Jalan terowongan Sipralen ini dibangun pada tahun 1961 dan terdiri dari 6 spiral yang mencakup 1.649 Meter. Mengarah ke salah satu sudut pandang yang paling spektakler di kota Industri Drammen.

Panjang : 1.65 Kilometer

7. Gualiong Tunnel (China)



Sebelum terowongan ini dibangun , satu satunya cara untuk mengakses desa Guoliang adalah dengan melewati jalan sempit yang diukir di sisi pengunungan Taihang. Pada tahun 1972, Sekelompok 13 penduduk desa memutuskan untuk membangun terowongan, yang mereka gali dengan tanngan. Tiga meninggal selama proses konstruksi trowongan ini.Terowongan ini indah dan merupakann penghargaan atas keuletan penduduk desa yang membangunnya.

Panjang : 1.2 Kilometer

8. Smart (Kuala Lumpur, Malaysia)



Smart merupakan terowongan gabungan jalan raya dan sebuah saluran seperti canal banjir. Terowongan terpanjang dimalaysia dibangun memang untuk memecahkan permasalahan banjir bandang di kuala lumpur. Smart dapat peroprasi dalam tiga cara:

1. Ketika tidak ada banjir, Terowongan ini murni berfungsi sebgai jalan raya.
2. Ketika ada banjir, Air hujan dapat dialihkan ke saluran yang lebih rendah dan tikat atas akan teteap dibuka untuk jalan raya
3. Ketika Banjir besar . Semua segmen terowongan ini difungsikan sebagi kanal air.


Panjang : 9.7 Kilometer

9. Bund Sightseeing Tunnel (Shanghai)
Terowongan Cina Bawah air ini memang tidak terlalu panjang. tetapi spektakuler dan sedikit unik.


Panjang : 646.7 Meter

10. Seikan Tunnel (Japan)



Seikan Merupakan terowongan kereta api di Japang, Terowongan Ini dibuka pada 13 Maret 1998 setelah menghabiskan waktu sekitar 17 tahun serte menghabiskan biaya sebesar 3.6 Miliar US dolar. Terowongan ini melintasi selat tsugaru serta menghubungan dua pulang di jepang yakni pulau Honshu dan Pulau Hokkaido

Panjang : 53 Kilometer
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru