Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Pengalaman PKL Teknik SIPIL



Hallo Sahabat Teknik. Sudah semester berapa ? 4,5 atau 6 ? Pada semester tersebut sebut biasanya kalian akan ada kegiatan Peraktik Kerja Lapangan/PKL. Tapi kira-kira apakah kalian tahu bagaimana kira-kira proses PKL tersebut apakah sama dengan  PKL anak SMK? Ok Kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya mengenai Peraktik  Kerja Lapangan Khususnya pada Jurusan Teknik Sipil. Jadi PKL adalah kegiatan wajib karena pada program PKL tersbut bernailai 2 SKS mungkin disetiap perguruan tinggi berbeda beda. 

PKL mahasiswa teknik sipil itu bagaimana sih ? pada dasarnya pkl tentu memiliki arti yang sama mungkin pembedannya ilmu yang di implementasikan. jadi ilmu-ilmu yang kalian dapat selama proses perkuliahan akan sedikit diterapkan diwaktu PKL ini. tapi hanya sebatas level tertentu ya.

Pada saat sebulan sebelum proses PKL dimulai, saya diberikan waktu selama rentang tersebut untuk mencari lokasi atau tempat saya PKL nantinya. Loh memangnya tidak dicarian oleh Dosen? Sebenarnya dosen juga ikut serta membantu mencarikan dan merekomendasikan tempat untuk kegiatan pkl tersebut. mengingat tentunya ada beberapa dosen yang ikut terjun atau bekerja di sebuah kontraktor atau konsultan. tapi untuk keputusan diterima atau tidaknya ya tergantung pada kebijakan PT terkait. Saat ini saya sempat melamar kesana-sini namun ditolak, dikarenakan kouta PKL sudah terisi oleh mahasiswa dari kampus lain yang memiliki jadwal PKL dibulan yang sama.

Karena beberapa kali ditolak saya mencari informasi lowongan PKL melalui kakak kelas saya yang sudah lulus dan bekerja pada sebuah perusahan konstruksi. Alhamdulillah kakak kelas saya tersebut dapat membantu saya. Tetapai saat itu saya bukan PKL melainkan Magang. Memang apa bedanya PKL dengan Magang?. Dari segi kegiatan mungkin berbeda, Jika PKL kita hanya mengamati dan mungkin sedikit membantu kegiatan disana. sedangkan Magang kita turut serta mengambil posisi pada bagian proyek konstruksi tersebut. (Owh iya Magang itu digaji loh :D). Karena saat itu kegiatan PKL saya jatuhnya magang, saya diharuskan melakukan interview dikantor PT tersebut serta menyerahkan CV dan surat pengajuan PKL yang dibuat dari kampus. Saya bersama 4 rekan saya melakukan interview bersama HRD kira-kira 1 jam pada kantor kontraktor tersbut. Pada saat interview tersbutlah saya ditanya oleh HRD serta ditentukan posisi saya dan rekan saya saat dilapangan menjadi apa. Saat itu saya dan rekan saya di tunjung sebagai Supervisor (SPV Junior mungkin). Maaf saya lupa memberitahukan. Saya mengajukan PKL/Magang pada Proyek Pembanguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) selama kurang lebih 2 bulan.



Pada saat pertama saya magang, kegiatan pertama saya safety Induction (Pengenalan K3 pada proyek tersebut) setelah itu kenalan satu persatu dengan orang-orang kantor proyek disana. Tentunya pada hari pertama masuk PKL kalian akan mengira orang proyek itu kaku-kaku. saya juga seperti itu pertamanya namun setelah beberapa hari berlalu semuanya akan berubah kok. Ternyata orang juga suka bercanda tapi mereka juga tahu kapan waktunya untuk beranda dan kapan waktunya untuk serius.

Lokasi direksi keet dan proyek berjauhan mengingat lokasi proyek berada pada bahu jalan tol Jakarta-Cikampek. karena lokasinya yang tidak berdekatan jadi setiap harinya saya keluar masuk proyek harus mengunakan mobil. dan terkadang terjebak kemacetan akibat proyek itu sendiri. Hampir setiap harinya saya berjalan kaki kurang lebih 2-3 Km mengingat proyek tempat PKL atau proyek berfisat memanjang dan tidak memungkinkan dibuat dibuat kantor direksi keet.

Hari demi haripun berlalu. selama proses PKL/Magang berlangsung saya juga menyusun laporan PKL untuk nantinya diserahkan kepada pihak kampus saya setelah PKL Selesai. Sekedar informasi "Anda bisa mencari data data yang dapat digunakan untuk Keperluan Tugas Akhir / Skrisi. Mengapa saya katakan demikian. karena nantinya pada saat Anda menyusun tugas akhir/skripsi Anda akan diminta untuk mengumpulkan data tersebut jadi saran dari saya agar tidak memberatkan saat proses penyusunan TA saudara.



Keigatan saya lakukan saat PKL/Magang antara lain mengamati kegiatan konstruksi seperti metode pemasangan Bekisting, proses penulangan, proses pengeboran dan masih banyak. Selain itu selama PKL saya juga diberikan tugas oleh Project Manager dan Engineering Poryek untuk melakukan beberapa kegiatan antara lain : Monitoring Waktu Siklus pemasangan Bekisting Slab, Pengecekan Jumlah Baut M16 dan M24, Pengawasan Pada proses pengecoran dan pengecekan material.

Berdasarkan apa yang saya ceritaan di atas kita bisa memanfaatkan kegiatan PKL/Magang tersebut untuk mangali infromasi sedalam dalamnya mengenai dunia konstruksi untuk bekal nanti kita setelah lulus dan bekerja disuatu perusahaan. Semoga tulisan saya bermanfaat tulisan diatas. dan apabila ada yang ingin mengajukan pertanyakan Anda bisa mengajukan pertanyaan dikolom komentar.....


Terimakasih.




Baca Juga
Share:

4 comments:

  1. Maaf kak kalau untuk tempat PKL di daerah Tangerang dimana ya? Terimakasih kak semoga di jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PKL untuk sektor bindang konstruksi saya rasa cukup banyak di daerah tangerang ya.. biasanya untuk mencarinya kita bisa langsung on site dan menanyakan apakah di pt/proyek tersebut menerima program pkl/magang...

      Delete
  2. PKL untuk siswa ya kak. Bukan magang 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, Anonims. sebenernya pada saat pengajuan saya mengajukan prihal pkl namun diprusahaan itu tidak ada program tersebut namun digantikan dengan mangang. perbedaannya jikalau magang kita ikut serta dalam pembangunan dan mendapatkan pembayaran... Semoga bermanfaat...

      Delete

Artikel Terbaru