Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

10 Mega Proyek Konstruksi Indonesia

Berikut ini merupakan mega proyek yang sedang dan akan dibangun di Indonesia.

1. Tol Trans Jawa
Jalan tol Trans-Jawa diperkirakan memakan biaya sekitar $ 5,5 Miliar. Jalan tol Trans-Jawa akan membentang dari pelabuhan Banyuwangi di Jawa  Timur hingga ke Merak di provinsi Banten di Jawa Barat. Panjang jalan ini berkisar antar 800 Km hingga lebih dari 1.100 Km.



2. MRT Jakarta (Mass Rapid Transit)


MRT Jakarta (Mass Rapid Transit) Perkiraan biaya menelan sekitar $1.7 miliar hingga $2.3 miliar.
Tanggal penyelesaian: 2018 (tidak dikonfirmasi) Proyek Mass Rapid Transit Jakarta terdiri dari tiga fase sambungan. Tahap 1 akan menjadi koridor Utara-Selatan sepanjang 15,5 kilometer dengan 13 stasiun. Fase 2 dan 3 akan memperpanjang garis ke utara, sekitar 8 km melalui Harmoni dan Kota ke Kampung Bandan di Jakarta Utara dan kemudian timur-barat, dari Tangerang ke Bekasi.




3. Signature Tower Sudirman


Signature Tower Floors: 119 Perkiraan biaya konstruksi sekitar $ 2 miliar. Bangunan tertinggi kelima yang diantisipasi di dunia akan naik ke ketinggian 638 meter, dengan 111 lantai di samping 6 tingkat basement. Ini akan dibangun di Sudirman Central Business District di Jakarta. Konstruksi diharapkan akan dimulai pada tahun 2015 dan selesai pada tahun 2020.





4. Manara Pertamina


Menara Pertamina diusulkan oleh perusahaan Pertamina 
Menara Pertamina: 99 Pertamina Energy Tower, markas yang diusulkan perusahaan listrik Pertamina akan 523 meter dan mengumpulkan semua kekuatannya dari angin, matahari, dan energi panas bumi. Konstruksi diharapkan akan dimulai pada tahun 2015 dan selesai pada tahun 2020.



5. Jembatan Selat Sunda

Pembangunan Jembatan Selat sunda diperkirakan menelan $20 milyar. Jembatan selat sunda akan menghubungkan dua pulau besar di Indonesia. Yaitu pulau Sumatra dan pulau Jawa. Jembatan ini juga direncanakan dilintasi kereta api. Jembatan ini membentang sekitar 40 meter. Apabila jembatan ini selesai dibangun maka akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.




6. Pelabuhan Kalibaru



Pelabuhan Kalibaru diperkirakan memakan biaya sebesar $4 milyar. Proyek pelabuhan Kalibaru melibatkan fasilitas pelabuhan baru berskala besar di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Pembangunan fasilitas akan berlangsung dalam tiga fase dan tahap pertama diharapkan selesai pada tahun 2017.





7. Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara 

PLTU Jawa tengan diperkirakan akan menelan biayas $ 4 milyar . Proyek ini dikembangkan oleh PT. Bhimasena Power Indonesia (BPI). Lokasi proyek ini di Kabupaten Batang, dekat Pekalongan. Pabrik, yang akan memiliki kapasitas 2.000 MW, dijadwalkan akan memulai oprasi komersial pada tahun 2017





8. Rel Kereta Api Trans Jawa



Jalur Kereta Trans-Jawa  Pantura dengan perkiraan biaya sebesar $1,04 milyar. Setelah selesai, dua jalur akan mencakup koridor Jakarta-Surabaya Pantai Utara (Pantura) sepanjang lebih dari 700Km, Penyelesaian sistem jalur ganda diharapkan dapat memotong atau mempersingkat waktu perjalanan antara Jakarta dan Surabaya dari waktu saat ini sekitar 11 jam yang akan di reduksi menjadi 9 jam dan meningkatkan kapasitas dari 64 kereta ke 200 kereta per hari.
  


9. Peruri



Peruri 88 Lantai. Dibangun dengan keetinggian 389 meter. Konstruksi ini diharapkan akan selesai pada tahun 2019.





10. Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Jakarta-Bandung super express Perkiraan biaya: $ AS 6,7 miliar Pemerintah Jepang dilaporkan telah setuju untuk mendanai studi kelayakan ke kemungkinan membangun kereta super-ekspres untuk melakukan perjalanan antara Jakarta dan Bandung (144 km) hanya dalam waktu 30 menit. Perjalanan saat ini memakan waktu sekitar tiga jam. Penyelesaian proyek diharapkan pada 2017 atau 2018.



Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru