Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Jenis-Jenis Pelabuhan Laut

Pelabuhan adalah daerah perairan yang terlindung dari gelombang laut yang didalamnya terdapat kegiatan bongkar muat barang serta naik/turunnya penumpang. pada pelabuhan terjadi perubahan dari moda transportasi darat ke laut dan sebaliknya. Pelabahan dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan beberapa aspek atau tinjauannya. Berikut merupakan macam macam pelabuhan:

A. Ditinjau dari Segi Penyelengaraannya.

1.Pelabuhan umum, pelabuhan ini tentunya dibuat untuk tujuan atau kepentingan masyarakat umum. Penyelengaraan pelabuhan umum dikembangkan oleh pemerintah dan pelaksanaannya dipegang oleh badan usaha milik negara yang didirikan untuk maksud tersebut.



2. Pelabuhan Khusus, Berbeda dengan pelabuhan umum pelabuhan khusus ini dibuat bukan untuk kepentingan umum melainkan untuk kepentingan sendiri guna menunjang kegiatan tertentu. Biasannya pelabuhan khusus ini dimiliki oleh perseroan terbatas sepertin contohnya Pelabuhan LNG (Liquefied Natural Gas) Arun di Aceh.




B. Dintinjau dari segi Fungsionalnya
Berdasarkan fungsinya pelabuhan dibedakan menjadi :

1. Pelabuhan Penumpang, Pelabuhan ini dibuat untuk melayani orang-orang yang berpergian dengan kapal penumpang. pada pelabuhan ini terdapat terminal yang biasa digunakan oleh penumpang untuk mengurus administrasi, pembelian tiket dan menunggu kedatangan kapal. selain itu didalam terminal juga terdapat kantor bea cukai dan kantor imigrasi. Pada pelabuhan penumpang lahan untuk penyimpanan barang atau cargo sangat terbatas mengingat minim sekali bongkar muat barang pada pelabuhan ini.





2. Pelabuhan Barang Sesuai namannya pelabuhan ini dibuat untuk tujuan kegiatan ekspor dan impor barang atau pendistribusian barang ke suatu daerah-daerah lain memaluli jalur laut. Pada pelabuhan barang ini terjadi perubahan/perpindahan moda transportasi dari angkutan darat ke angkutan laut dan sebaliknya. Pada pelabuhan ini terdapat gudang terbuka yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan cargo. jadi tidak heran jika kalian melihan banyak tumpukan container di pelabuhan ini.




3. Pelabuhan Minyak,  Pelabuhan minyak dibuat berjauhan dengan keperluan umum. Pada pelabuhan minyak ini kapal tidak lansung merapat ketepian dermaga. Melainkan dibuat sebuah jembatan yang dibuat menjorok ke arah laut lepas. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan kedalaman air yang cukup untuk kapal tanker. Pada pelabuhan ini tidak diperlukan gudang terbuka namun dipelabuhan ini dibuat tanki-tanki penyimpanan untuk minyak atau gas. proses pemuatan minyak/gas dilakukan dengan memompa melewati pipa-pipa yang telah dibuat sedemikian rupa.



4.  Pelabuhan Perikanan, Berbeda dengan pelabuhan barang dan penumpang. Pada pelabauhan perikanan ini terjadi proses bongkar hasil tangkapan laut. Pada pelabuhan perikanan terdapat fasilitas yang mendungkung kegiatan perikanan seperti terdapat Pasar ikan (Tempat Pelelangan Ikan). Ikan segar dapat langsung dijual-belikan dengan segara.selain itu terdapat fasilitas-fasilitas lain seperti Pemecah gelombang, pabrik es, gudang penyimpanan, tempat perbaikan kapal dan kantor kepelabuhan.




5.  Pelabuhan Militer, Pelabuhan ini dikhususkan untuk kegiatan pertahanan dan keamanan negara. Pelabuhan ini memiliki wilayah perairan yang sangat luas dikarenakan menyesuaikan kapal-kapal yang melintas merupakan kapal yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi, sehingga untuk berbelok membutuhkan radius yang cukup besar. Bentuk fisik dermaga hampir sama dengan pelabuhan lainnya.



C. Dintinjau dari segi Fungsi perdagangan Nasional dan Internasional.

1. Pelabuhan Laut. Pelabuhan laut merupakan pelabuhan yang bebas dimasuki oleh kapal-kapal berbendera asing. Pelabuhan ini biasannya merupakan pelabuhan utama disuatu daerah yang digunakan kapal-kapal berlabu membawa barang untuk ekspor/impor secara langsung ke dan dari luar negeri.

2.  Pelabuhan Pantai.  Pelabuhan ini dikhususkan untuk kegiatan perdagangan dalam negeri dan tidak bebas disinggahi oleh kapal berbendera asing. Namun untuk suatu kondisi tertentu kapal dapat masuk kepelabuhan ini dengan meminta izin terlebih dahulu.

D. Ditinjau dari segi Geografisnya.

1. Pelabuhan Alam. Pelabuhan alam merubakan daerah perairan yang terlindung dari badai dan gelombang secara alami. Contohnya adalah pelabuhan Cilacap, pelabuhan cilacap merupakan contoh pelabuhan yang terlindung dari gelombang laut lepas hal ini dikarenakan gelombang laut terlebih dahulu mengenai Pula Nusakambangan yang menutupi pelabuhan tersebut.




2. Pelabuhan Buatan. Pelabuhan buatan merupakan daerah pengaliran yang terlindung dari gelombang laut akibatan adanya bantuan dari konstruski pemecah gelombang. (Breakwater). Pemecah gelombang ini membuat daerah perairan tertutup dari laut dan hanya dihubungkan oleh satu celah untuk keluar masuknya kapal.



3.  Pelabuhan Semi Alam. Pelabuhan ini merupakan kombinasi dari kedua pelabuhan diatas. Contohnya suatu pelabuhan yang terlindungi oleh lidah pasir dan perlindungan hanya dibuat pada celah masuknya kapal. contohnya adalah pelabuhan bengkulu.

Demikian lah Jenis Jenis atau Klasifikasi Pelabuhan.
Refrensi : Buku Perencanaan Pelabuhan-Bambang  Triatmodjo
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru