Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Jembatan Beton Komposit

       Jembatan beton komposit merupakan konstruksi jembatan yang mengkombinasikan dua elemen material atau lebih dengan sifat bahan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan sehingga menghasilkan sifat gabungan yang lebih baik. Jembatan komposit yang umum digunakan adalah kombinasi antara bahan konstruksibaja dengan beton bertulang, yaitu dengan mengkombinasi baja deck ( gelagar ) dan beton bertulang sebagai plat lantai jembatan. Gelagar komposit baru berfungsi sebagai komposit apabila beton yang berada diatas gelagar tersebut mengeras dan bekerja sama dengan gelagar menjadi satu kesatuan dalam suatu strukur. Salah satu contoh jembaton komposit adalah Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. merupakan komposit gabung dari Steel Box Girder dan material lantai beton.

Ada dua jenis tipe jembatan komposit yang umum digunakan sebagai desain,yaitu tipe multi girder bridge dan ladder deck bridge.

Multi Girder Bridge



Jembatan dengan multi-girder deck menggunakan beberapa baja girder memanjang (longitudinal girder) yang ukuran dan jenisnya sama disusun dengan jarak yang sama sepanjang lebar jembatan. Plat lantai dari beton bertulang membentang diatas baja girder dan pada kedua sisi ujung membentuk kantilever yang berguna sebagai trotoar. Aksi komposit antara plat lantai beton bertulang dan longitudinal girder terbentuk oleh sear conector yang dilas disisi atas flange profil baja girder dan dicor menyatu dengan plat lantai. Konstruksi jembatan Multi-girder hanya digunakan untuk jembatan jenis single spans continuous multiple spans.dan continuous multiple spans.


Ladder Deck Bridge



Ladder deck bridge adalah modifikasi dari multi girdrer bridge yaitu dengan hanya menggunakan dua buah girder utama dengan cross-girder sebagai support (perkuatan). Cross-girder dipasang melintang diantara kedua girder utama searah lebar jembatan. Plat lantai beton bertulang dipasang searah longitudinal diatas cross-girder. Karena konfigurasi rencana dari girder dan cross-girder yang mirip dengan stringer dan anak tangga maka konstruksi ini disebut dengan ladder deck (dek tangga). Konfigurasi jembatan dengan ladder deck sangat cocok dan ekonomis bila diaplikasikan pada jembatan bentang pendek dengan lebar jembatan yang memadai untuk jalur lalu lintas dua jalur ganda.

Demikianlah artikel di atas semoga bermanfaat.
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru