Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Warna Helm Proyek dan Arti Setiap Warnanya

Berikut ini adalah warna helm beserta artinya dari warna-warna helm tersebut yang wajib kalian ketahui.


Helm Safety Putih. Helm ini biasanya dikenakan oleh orang-orang penting yang berada pada lokasi proyek seperti Project Manager (PM), Pengawas, Supervisor. dan biasanya juga atasan dari kantor kontraktor yang melakukan infspeksi. Helm Safety Putih adalah mereka yang berperan dalam mengarahkan serta mengontrol kemajuan proyek sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dan waktu yang telah ditentukan. dan apabila ada masalah atau ketidak sesuai metode dilapangan merekalah yang segara mengambil keputusan untuk perubahan metode secara cepat dan tepat.



Helm Safety Kuning. Helm ini paling banyak terlihat pada sebuah proyek dan dikenakan oleh pekerja. Dikarenakan perbandingan pekerja lebih banyak dari staff atau atasan pada lapangan dan mengingat pekerjalah yang paling riskan mengalami kecelakaaan karena merakalah yang berkecimpung langsung pada proses produksi. Maka dipilihlah warna kuning mencolok agar pada setiap kegiatan proyek lebih terfokuskan adanya pekerja yang berlalu lalang.


Helm Safety Biru. Helm safety ini digunakan oleh oprator kelistrikan pada suatu proyek konstruksi. oprator yang dimaksud memiliki tugas memasang jaringan listrik sementara untuk menunjang kegiatan konstruksi.



Helm Safety Hijau. Helm ini digunakan oleh yang yang mengontrol terkait masalah lingkungan yang terjadi akibat dari proses konstruksi.



Helm Safety Orange. Helm ini biasa digunakan oleh para tamu perusahaan yang datang untuk meninjau proyek. 



Helm Safety Merah. Helm ini digunakan oleh orang orang yang bertangung jawab pada K3 (Safety). Merekalah yang bertugas melakukan inspeksi pada setiap pekerjaan yang riskan mengalami kecelakan serta membuat peringatan peringatan pada setiap pekerjaan. Mereka juga melakukan Safety Induction atau pengenalan mengenai K3 yang berlaku pada sebuah proyek kepada pengunjung atau visitor dari luar.



Helm Safety Pink. Helm ini digunakan pada pekerja baru atau mahasiswa PKL/magang pada suatu proyek konstruksi.


Demikianlah Arti warna helm proyek. namun pada proyek konstruksi jarang sekali yang terlihat mengunakan warna Pink. biasanya pekerja baru tetap/langsung memakai helm sesuai jabatannya. sedangkan untuk mahasiswa magang biasanya mengenakan helm kuning.


Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru