Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Metode Pekerjaan Galian dan Timbunan

Pekerjaan Galian dan Pekerjaan Timbunan atau yang sering dikenal dengan istilah Cut and Fill merupakah bagian pekerjaan yang sangat penting terutama pada pekerjaan jalan. Volume tanah yang di Gali atau di Timbun berdasarkan garis pengukuran yang dibuat dengan alat sipat datar. nantinya garis ukur tersebut akan memotong atau tidak memotong kontur tanah yang digambarkan sebagai potongan memanjang. Sebaiknya pekerjaan galian dan timbunan diatur sedemikian rupa. agar volume galian dan timbunan tidak terlalu jauh berbeda. sehingga pengunaan tanah dari lokasi galian lain dapat diminimalisir sehingga biaya konstruksi juga tidak terlalu besar. Berikut ini adalah langkah kerja atau metode kerja mengenai Pekerjaan galian dan Pekerjaan Timbunan.


Pekerjaan Galian.

Pekerjaan galian dilakukan untuk menyesuaikan elevasi tanah eksisting dengan elevasi tanah rencana. Berikut adalah ketentuan-ketentuan pekerjaan galian:

  1. Persiapan pekerjaan galian berupa pekerjaan pengukuran dan pembuatan acuan sementara dari papan sebagai pedoman pelaksanaan di lapangan.
  2. Dengan mempertimbangkan kondisi lapangan, pekerjaan galian dilakukan setelah pekerjaan pembongkaran dan pembersihan tempat kerja selesai dilakukan pada area tertentu.
  3. Bila pada suatu area diperlukan jalan akses, harus disiapkan terlebih dahulu.
  4. Selama pekerjaan galian berlangsung, jika ditemukan adanya sumber air maka di area yang rawan genangan air dibuatkan saluran pembuang, agar lokasi pekerjaan tetap kering.
  5. Proteksi akan diberikan pada area yang membutuhkan perkuatan untuk menghindari terjadinya longsoran tanah setempat.
  6. Pekerjaan galian dilaksanakan hingga mencapai level rencana sesuai gambar kerja yang telah disetujui.
  7. Pekerjaan galian dilakukan dengan menggunakan kombinasi antara excavator untuk menggali dan memindahkan tanah hasil galian serta dump truck untuk transportasi tanah ke lokasi pembuangan (disposal area) atau tempat timbunan sesuai spesifikasi dan atas izin direksi. 


Pekerjaan Timbunan

Pekerjaan timbunan dilakukan untuk menyesuaikan elevasi tanah eksisting dengan elevasi tanah rencana. Berikut adalah ketentuan-ketentuan pekerjaan timbunan : 

  1. Pekerjaan timbunan yang dimaksud dalam pembahasan pada bab ini adalah pekerjaan timbunan tanah jalan utama.
  2. Persiapan berupa pekerjaan pengukuran dan pembuatan acuan sementara dari papan sebagai pedoman pelaksanaan di lapangan.
  3. Pembersihan lokasi timbunan dari semua bahan yang tidak diperlukan.
  4. Pengangkutan material timbunan ke lokasi timbunan. Sesuai spesifikasi atau seijin Direksi.
  5. Penghamparan material timbunan dengan ketebalan masing-masing lapisan material timbunan sama tebalnya.
  6. Pemadatan timbunan dimulai dari tepi luar dan bergerak menuju ke arah sumbu jalan.
  7. Pengendalian mutu berupa uji kepadatan.

Demikianlah Metode pekerjaan galian dan timbunan. semoga bermanfaat dan jangan lupa shared agar orang lain juga tahu informasi ini. ATS.
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru