Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

4 Cara Perbaikan Tanah Dasar

Tanah dasar adalah bagian yang sangat penting dari konstruksi jalan. dikarenakan tanah dasar inilah yang mendukup atau menopang seluruh konstruksi pada jalan baik itu berat dari perkerasan maupun
beban lalu-lintas diatasnnya.



Tanah dasar merupakan faktor biaya yang menentukan mahal atau tidaknya pembangunan jalan tersebut, karena kekuatan tanah dasar nantinya menentukan tebal atau tipisnya lapisan perkerasaan, yang berarti menentukan mahal atau murahnya biaya pembangunan jalan tersebut. Oleh karena itu perbaikan tanah dasar adalah hal yang penting.

Perbaikan Tanah Dasar (Sub-Grade Improvement)
Perbaikan tanah dasar bisa ditempuh dengan cara-cara dibawah ini:

1. secara Dinamis (Paling Murah)
proses pemadatan tanah dasar dengan wals biasa atau dengan wals khusus sebaiknya dengan wals yang dilengkapi alat pengetar (Vibrator).

2. Memperbaiki Gradasi
Proses memadatkan tanah dengan menambahkan fraksi yang masih kurang, kemudian diaduk dan dipadatkan. biasanya yang kurang ialah fraksi-fraksi berbutir kasar dan untuk ini bisa dipergunakan koral campuran pasir atau dari pasir saja.

3. Stabilisasi Kimia
Proses memadatkan tanah dengan menambahkan atau menaburkan Semen P.C , Kapur atau bahan kimia lainnya yang diaduk rata dengan alat. dan setelah itu dipadatkan

4. Membongkar dan Mengganti
Langkah ini cukup mahal dikarenakan mengganti tanah yang ada dengan tanah dari tempat lain. langkah ini dipilih bila memang tanah didaerah ini sangat jelek dan sulit untuk distabilisasikan dengan metode diatas.
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru