Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Arsitek dan Teknik Sipil, Ini Perbedaannya

Arsitek atau Teknik Sipil ? Mana yang baik diantara keduanya ?. Jika anda baru lulus sma dan ingin melanjutkan studi anda ke jenjang yang lebih tinggi dan ingin mengambil jurusan yang berkaitan dengan bangunan, kira-kira mana anda pilih, arsitek atau teknik sipil?. sebenarna jawaban dari pertanyaan tersebut adalah relatif atau berbeda-beda tergantung dari sudut pandang individu. namun jika ditanya mana yang baik, tentu semuanya baik.

Lalu kira-kira apasih yang membedakan jurusan teknik sipil dan arsitek?. Sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat mengenai arsitek dan teknik sipil. Arsitek adalah seseorang yang mengolah ide dari owner dan menuangkan ide tersebut kepada sebuah gambar. sedangkan teknik sipil adalah agen yang mengola gambar yang dibuat arsitek agar dapat di implementasikan pada kondisi real/lapangan dengan perhitungan-perhitungan agar bangunan dapat berdiri dengan kokoh.


Arsitek Teknik Sipil
Mengutamakan Keindahan dan Kenyamanan Bangunan Mengutamakan Kekuatan dan Keamanan Bangunan
Memilih warna aksen bangunan dan texture material Memilih Bahan material yang kuat dan Ekonomis
Mengatur penempatan pintu,  jendela, tangga atau penempatan ruangan Mengatur metode pelaksanaan dan durasi pekerjaan secara matang
Mempertahankan design yang sudah dibuat agar tetap diaplikasikan pada lapangan. Menyesuaikan design dengan keadaan lapanagan. Apabila tidak memungkinkan maka izin untuk melakukan perubahan.
Fokus pelajaran gambar. Fokus pelajaran Hitungan (Matematik,Fisika)
Mengaplikasikan Ide Owner ke sebuah gambar. Mengimplementasikan Ide owner ke wujud fisik bangunan.

Berdasarkan tabel diatas tentunya kita sudah bisa menentukan perbedaan dari astirek dan teknik sipil bukan?.  memang jika dimata publik teknik sipil tidak terlalu terdengar mengapa demikian ? sebagai contoh. ada sebuah bangunan yang bagus dan indah, pasti yang ditanya "Wow, Siapa sih ini arsiteknya ? bagus banget gedungnya.".  sedangkan jika bangunan runtuh atau gagal konstruksinya maka "Ini siapa kontraktor/insiyurnya kok bisa begini ?". So sebenarnya keduanya itu saling berkaitan dalam kegiatan konstruksi. jadi tidak ada yang perlu diributkan ya.

Semoga tulisan ini bermanfaat. terimakasih.
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru