Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Metode V-Shape Loading dan Cross Loading pada Pemindahan Tanah

Wheel Loader merupakan alat yang digunakan untuk memindahkan atau memuat tanah hasil galian atau gusuran kedalam Dump Truck. Tanah yang dipindahkan dalam kondisi lepas/loose. didalam lapangan biasanya Wheel Loader bekerja dengan 2 metode antara lain. V-Shape Loading dan Cross Loading. Keduanya memiliki cara berbeda dalam pemuatan tanah kedalam dump truck. untuk pembahasan lebih lanjut simak penjelasan dibawah ini :

V-Shape Loading


Mengapa metode yang satu ini dinamakan v shape ? ya penamaan metode ini sesuai dengan pola atau track yang dibuat oleh alat loader. Pada metode ini alat yang dominan bekerja adalah wheel loader sedangkan dump truck pada kondisi statis atau diam pada suatu titik. Metode V-shape ini memerlukan lokasi yang memungkinkan untuk melakukan manuver dan oprator Wheel loader memiliki kemampuan yang baik dalam pengoprasian wheel loader.

Cross Loading



Berbeda dengan metode V-shape alat yang dominan bekerja adalah dump truck. kedua alat ini bergerak maju-mundur dengan bergantian satu sama lain. Biasanya metode ini digunakan pada alat pemuat dengan rota track atau roda kelabang. dikarenakan tingkat mobilitasnya yang cukup rendah maka dipilihlah metode ini.
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru