Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Beton Berserat

   Yang dimaksud dengan beton serat adalah beton yang dalam pembuatannya ditambahkan serat kedalamnya.Tujuannya meningkatkan kuat tarik beton agar tahan terhadap gaya tarik yang diakibatkan pengaruh iklim, temperatur dan perubahan cuaca yang dialami oleh permukaan yang luas. Penambahan serat mereduksi retak-retak yang mungkin timbul akibat perubahan cuaca tersebut.

Jenis Serat
Untuk mencapai tujuan tersebut berbagai macam serat ditambahkan ke dalam beton.  Secara umum jenis serat dibagi menjadi dua macam.

A.Serat Alam
Serat alam umumnya terbuat dari bermacam-macam tumbuhan. Karena sifatnya umumnya mudah menyerap dan melepaskan air, serat alam mudah lapuk sehingga tidak dianjurkan digunakan pada beton bermutu tinggi atau untuk penggunaan khusus. Yang termasuk serat alam antara lain rami, sisal, ijuk, jute, serabut kelapa dan lain-lain.

 B. Serat Buatan
Serat buatan umumnya dibuat dari senyawa-senyawa polimer. Mempunyai ketahanan tinggi terhadap perubahan cuaca. Mempunyai titik leleh, kuat tarik, dan kuat lentur tinggi. Digunakan untuk beton bermutu tinggi dan yang akan digunakan secara khusus. Yang termasuk serat buatan antara lain serat PoliPropilena, PoliEtilena, dan lain-lain.

       Kadang – kadang ditambahkan berbagai macam bahan, termasuk limbah, yang diperkirakan dapat meningkatkan kuat tarik beton. Yang harus diperhatikan adalah sifat bahan yang dianggap serat tersebut harus diketahui agar tujuan penambahan bahan ke dalam beton dapat terpenuhi.

Dimensi Serat
Penambahan serat menyebabkan beton menjadi sukar untuk diaduk. Untuk mengatasinya serat dicampur dulu secara merata kedalam salah satu bahan pembuat beton dan menjaga aspek rasio diameter dan panjangnya agar tidak terjadi penggumpalan (bailing effect). Untuk mendapatkan hasil terbaik dianjurkan menggunakan rasio 50 – 100 dimana jika diambil diameter serat 1mm, panjangnya berkisar 50 – 100 mm.

Sifat Fisis Beton
Penambahan serat  menyebabkan perubahan terhadap sifat beton tersebut. Dibandingkan dengan beton yang bermutu sama tanpa serat, maka beton dengan serat membuatnya menjadi lebih kaku sehingga memperkecil nilai slump serta membuat waktu ikat awal lebih cepat juga.

Sifat Mekanis Beton
Pada beberapa jenis, penambahan serat sampai batas optimum umumnya meningkatkan kuat tarik dan kuat lentur, tetapi menurunkan kekuatan tekan. Jenis serat tertentu meningkatkan kinerja beton seperti serat baja dan serat tembaga. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya selalu buat campuran uji coba agar didapatkan jumlah serat yang tepat yang memberikan kekuatan optimum pada  mutu beton yang ditinjau.

Pemakaian
Beton serat digunakan pada konstruksi yang harus mempunyai permukaan luas dimana temperatur, oksidasi dan penguapan mempunyai pengaruh besar terhadap besarnya susut muai, seperti landasan pacu di bandar udara, plat atap, jalan, dan lain-lain.
Semoga Bermanfaat.
Sumber : Politeknik Negeri Jakarta.

Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru