Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Pekerjaan Bobok Kepala Tiang Bored Pile dan Alasannya


    Pondasi Bored pile merupakan salah satu dari jenis pondasi tiang yang dalam pengerjaannya tidak menimbulkan kebisingan serta menggangu bangunan disekitar dikarenakan metode konstruksinya dengan cara mengebor tanah dengan kedalaman yang telah ditentukan. Setelah pengeboran dirasa cukup maka dilaukan pengecoran kedalam lubang pondasi yang sudah dibuat tersebut dengan bantuan pipa tremi atau casing (Untukexcavation (pengerukan tanah) disekitar lokasi pembuatan pondasi. Penggalian ini dilakukan untuk melakukan proses pekerjaan pembobokan kepala borepile. Pekerjaan pembobokan ini dilakukan untuk proses penyambungan antara tiang dengan pilecap. karena nantinya pada pekerjaan pembobokan boredpile akan disisakan tulangan kepala bored pile yang nantinya akan disambung dengan tulangan pilecap sehingga memberikan struktur yang monolit atau saling terkoneksi satu sama lain.
kondisi tertentu). selanjutnya setelah beton mengeras maka dilakukan

Berikut ini adalah alur pemotongan pondasi bored pile :



1# Setelah pengecoran selesai dilakukan dan beton telah mengeras pada umur yang telah ditentukan, maka dilakukan pengerukan/penggalian pada lokasi bored pile yang dibuat. kedalaman penggalian ini sesuai dengan yang telah ditentukan pada perencanaan. dan setelah penggalian selesai maka dilakukan pengecekan oleh tim surveyor untuk menentukan apakah kedalaman yang dibuat sudah pas atau belum.



2# Setelah kedalaman sesuai, maka dilakukan pemotongan kepala bored pile oleh pekerja dengan palu godam (palu besar). biasanya dalam pemotongan 1 kepala bored pile dikerjakan paling sedikit 2 orang. pada saat pemotongan ini biasanya digunakan alat las api untuk memotong begel pada tulangan kepala bored pile.



3# Setelah itu dilakukan pengangkatan kepala bored pile yang sudah dipotong menggunakan alat berat untuk dikeluarkan dari lokasi galian kepala bored pile.


4# Selanjutnya tulangan dibengkokkan dan dilakukan pembuatan lapisan lean concrete agar mempermudah pekerjaan pembesian pilecap serta menahan faktor air semen pada pengecoran pilecap terserap kedalam tanah.

Mengapa Borepile harus dibobok atau dipotong ? Kenapa tidak dibuat pas saja kedalamannya ?

Berikut ini adalah alasan mengapa Borepile harus dibobok atau dipotong pada bagian kepalannya.

Jika anda membuat pondasi bored pile dan ingin membuat pas sesuai panjang yang diinginkan agar tidak ada pekerjaan bobokan/ pemotongan dan lokasi pilecap berada dibawah Muka tanah asli. mungkin ada 2 cara yang terpikirkan dibenak anda.

a. melakukan pengeboran dan pada saat pengecoran cukup cor dengan batas yang disesuaikan (Perhatikan gambar).

Nyatanya kodisi tersebut bisa dilakukan tetapi tidak diperbolehkan mengapa?. Apakah anda berani menjamin bahwa kedalaman tiang sudah terukur sesuai? bagaimana cara mengukurnya apakah dengan tim surveying atau alat manual?, sukur-sukur pengecoran berlebihan sehingga dapat dilakukan pemotongan bagaimana jika panjang pondasinya kurang? tentunya kerja anda harus melakukannya 2x bukan?. (Banyak sekali tanda tanya ya.. sepertinya tidak mungkin metode ini)

b. melakukan pengalian terlebih dahulu untuk jalan alat bor dan pengecoran dilakukan dengan menyisakan tulangan (seperti pada gambar).

Tentunya sangat boros jika cara ini dilakukan dikarenakan harus dilakukan pengalian setiap ingin membuat pondasi. lalu apakah bagaiman cara pengecorannya? tentunya pengecoran boredpile diperlukan bantuan pipa tremi sebagai penyalur beton agar tidak segregasi. pipa tremi ini biasanya 

Sekian Artikel ini dibuat, semoga bermanfaat..
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru