Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Standar Sinyal Tangan untuk Mengarahkan Oprator Crane

[Area-TeknikSipil] Komunikasi antara signalman (rigger) dan operator sangatlah penting. mengapa sangat penting? dikarenakan hampir disetiap kecelakaan fatal pada proyek konstruksi terjadi akibat miss comunication. Miss comunication pada proyek tersebut biasanya terjadi akibat 2 hal antara lain, 1. Aba-aba yang digunakan tidak sesuai standar. 2. Operator tidak mengikuti aba-aba yang diberikan. Oleh sebab itu seorang signalma (rigger) harus mengetahui Standar Internasional  OSHA CFR Part  1926.550  dan ANSI B30.5 mengenai standar aba-aba tangan. Berikut ini adalah aba-aba tangan atau sinyal tangan untuk mengarahkan oprator crane....



Berikut ini sinyal tangan untuk mengarahkan oprator crane :

1. Hoist
Hoist, Perintah untuk mengerek atau menaikan wire strand. Caranya : Angkat lengan membentuk sudut siku dan arahkan jari telunjuk ke atas sambil memutar pergelangan tangan (Dapat dilihat pada gambar diatas)


2. Lower
 Lower, Perintah untuk mengerek atau menurunkan wire strand. Caranya : Angkat lengan membentuk sudut siku dan arahkah jari telunjuk ke bawah sambil memutar pergelangan tangan. (Dapat dilihat pada gambar di atas).

3. Use Main Hoist
 Use Main Hoist, Perintah untuk mengunakan hoist utama kepada operator crane. Caranya :Angkat tangan tepat di atas helm dengan tangan mengepal sambil mengetuk helm.


4. Use Wipeline
 Use Wipeline, Perintuh agar oprator crane mengunakan wipeline atau auxiliary hoist. Caranya : Angkat lengan kanan setinggi pinggang dan posisikan lengan pada kondisi ditekuk dan menyiku.


5.  Raise Boom
 Raise Boom, Perintah untuk menaikan Boom atau lengan crane. Caranya : Angkat lengan kanan setinggi bahu dengan meluruskan lengan dan tangan mengepal diikuti ibu jari yang menunjuk ke atas.


6. Lower Boom
 Lower Boom, Perintah untuk menurunkan Boom atau lengan crane. Caranya : Angkat lengan kanan setinggi bahu dengan meluruskan lengan dan tangan mengepal diikuti ibu jari yang menunjuk ke arah bawah.


7.Move Slowly

Move slowly, perintah agar operator crane menaikan atau menurunkan beban secara perlahan. Caranya : Jari telunjuk menunjuk ke atas dan putar se arah jarum jam di bawah telapak tangan yang lainnya. ATS


8. Raise The Boom and Lower The Load
 Raise the boom and lower the load, Perintah agar operator menaikan boom (Lengan Crane) dan menurunkan beban. Caranya : Angkat lengan kanan setinggi bahu, luruskan ke samping dengan kondisi tangan mengepal dan ibu jari menunjuk ke atas, lalu gerakan keempat jari mengarah keluar dan kedalam hingga gerakan beban sesuai yang dikehendaki.


9. Lower The Boom and Raise The Load
 Lower the boom and raise the load, perintah agar operator menurunkan boom dan menaikan beban. Caranya : Angkat lengan kanan setinggi bahu, luruskan ke samping dengan kondisi tangan mengepal dan ibu jari menunjuk ke bawah, lalu gerakan keempat jari mengarah keluar dan kedalam hingga gerakan beban sesuai yang dikehendaki.


10. Swing
Swing, Perintah agar operator mengerakan boom atau lengan crane ke arah yang dikehendaki. Caranya : Angkat lengan setinggi bahu dan luruskan diikuti dengan telunjuk menunjuk kesamping.


11. Stop
Stop. Perintah agar operator menghentikan boom atau lengan crane untuk sementara hingga waktu yang ditetapkan. Caranya : Angkat salah satu lengan setinggi bahu dan luruskan diikuti dengan posisi tangan terbuka ke arah bawah.


12.Emergency Stop
Emergency Stop, Perintah agar boom atau lengan crane dihentikan dikarenakan adanya kondisi darurat. Caranya : Angkat kedua lengan setinggi baru dan luruskan diikuti dengan kudua tanggan terbuka ke arah bawah. Kedua tangan digerakan naik turun. ATS


13. Extend Boom
Extend boom, perintah agar operator memanjangkan boom atau lengan crane. Caranya : kedua lengan diangkat membentuk siku kedepan dengan posisi telapak tangan dikepal dan kedua ibu jari menunjuk ke arah luar. (Berlaku untuk crane tipe telscopic)


14. Retract Boom
Retract boom, perintah agar operator memendekan boom atau lengan crane. Caranya : Kedua lengan diangkat membentuk siku kedepan dengan posisi telapak tangan dikepal dan kedua ibu jari menunjuk ke arah dalam. (Berlaku untuk crane tipe telscopic)


15. Travel
 Travel, Perintah mengarahkan beban sesuai yang dikehendaki.

Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru