Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

4 Jenis Permodelan Balok



1. Simply Supported Beam

Simply Support Beam merupakan suatu permodelan elemen strukturan yang sangat sederhana. Pada salah satu ujungnya merupakan tumpuan sendi sementar disisi ujung yang lain berupa roll. Akibat beban yang bekerja pada permodalan akan timbul gaya-gaya dalam berupa gaya geser dan momen. Biasanya permodelan ini dilapangan digunakan untuk permodelan girder jembatan.

2. Fixed Beam


Fixed Beam merupakan tumpuan yang di kedua ujungnya merupakan tumpuan jepit sehingga dapat menahan rotasi yang terjadi pada tiap-tiap ujungnya. Jenis permodelan ini sering dijumpai pada bangunan gedung.

3. Cantilever Beam 


Tumpuan jenis ini sedikit berbeda dengan Fixed beam. pada tumpuan kantilever hanya satu sisi yang merupakan tumpuan jepit sedangkan sisi yang lainnya bebas. (Tanpa tumpuan). momen yang bekerja pada ujung bebas hampir mendekati 0. permodelan jenis ini sering kita jumpai pada balkon,  kanopi jendela dan beberapa jenis jembatan

4. Continuous Beam


Continous Beam atau balok menerus adalah sebuah komponen struktural yang memberikan ketahanan terhadap lentur ketika terdapat gaya atau beban yang bekerja padannya. Permodelan jenis ini memiliki lebih dari 2 tumpuan pada satu model. Biasanya jenis permodelan ini bisa anda temui pada bangunan atau lantai jembatan yang disangga oleh sekumpulan girder.


Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru