Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Konsep 5R dalam Lingkungan Kantor

     Konsep 5R Merupakan budaya seseorang dalam memperlakukan tempat kernya secara benar dan tepat. 5R tersebut antara lain Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. Bila kondisi tempat kerja itu tertata rapih dan bersih tentunya produktivitas kita dalam melakukan aktifitas dilingkungan tempat kerja akan meningkat dengan demikian 4 bidang sasaran pokok industri yaitu Efisiensi, Produktivitas, kualitas dan keselamatan kerja akan dapat dengan mudah kita capai..




Berikut ini adalah penjabaran serta langkah untuk melakukan konsep 5R..

RINGKAS
Ringkas memiliki arti memilah atau memisahkan sesuatu yang penting dengan menyingkirkan yang tidak penting dari tempat kerja. dengan menyingkirkan sesuatu yang tidak penting tentunya kemudahan dalam mengakses sesuatu akan lebih mudah dikarenakan kita sudah melakukan penyortiran terhadap sesuatu.
Langkah melakukan RINGKAS :
  • Cek-barang yang berada di area masing-masing.
  • Tetapkan kategori barang-barang yang digunakan dan yang tidak digunakan.
  •  Beri  tanda atau label untuk barang yang tidak digunakan
  • Siapkan wadah atau tempat untuk menyimpan / membuang /memusnahkan barang-barang yang tidak digunakan.
  • Pindahkan barang-barang yang diberi tanda atau label  tersebut ke tempat yang telah ditentukan.
RAPI
Prinsip Rapi adalah Menempatkan atau menyimpan barang sesuai dengan kelompok dan tempatnya dengan begitu kita akan lebih mudah dan cepat dalam mencari dan mengambil kembali barang yang kita inginkan dengan cepat. Suatu perusahaan tidak boleh asal-asalan dalam menyusun benda-benda di perusahaannya tersbut  karenan nantinya kan mempengaruhi aksesbilitas dan efisiensi waktu pencarian barang.

Langkah melakukan RAPI :
  • Siapkan tempat dan atur lokasi penempatan sesuai jenis dan tipe barang.
  • Rancang metode penempatan barang yang diperlukan, sehingga mudah didapatkan saat dibutuhkan
  • Tempatkan barang-barang yang diperlukan ke tempat yang telah dirancang dan disediakan
  • Beri label / identifikasi untuk mempermudah penggunaan maupun pengembalian ke tempat semula.
  • Usahakan setiap barang tersusun dengan baik ditempat penyimpanan.
RESIK

Prinsip Resik adalah membersihkan tempat atau segala sesutu yang berada pada lingkungan tempat kerja dari kotoran dan debu. Proses pembersihan ini harus dilakukan rutin dan dibiasakan. dalam menjaga kebersihan dalam lingkungan tempat kerja semua elemen pegawai wajib ikut dan turut serta (tanpa memandang jabatan).

Langkah melakukan RESIK :
  • Penyediaan sarana kebersihan.
  • Pembersihan tempat kerja dengan mandiri atau membuat daftar piket kantor.
  • Pemasangan Instrumen atau Gambar himbuan untuk tidak membuang sampah.
  • Peremajaan tempat kerja, dan
  • Pelestarian RESIK.
RAWAT

Prinsip Rawat yaitu mempertahankan segala hasil yang telah dicapai dari 3R diatas dengan membakukannya (Standarisasi).

Langkah melakukan RAWAT :
  • Tetapkan standar kebersihan, penempatan, penataan
  • Komunikasikan ke setiap karyawan yang sedang bekerja di tempat kerja
  • Pengontrolan rutin
RAJIN

Prinsip Rajin adalah terbentuknya kebiasaan keryawan untuk menjaga dan meningkatkan apa yang telah tercapai. Membentuk kebiasaan positif baru yang tentunya memiliki dampak terhadap lingkungan kerja. Patuhi semua peraturan yang tertulis maupun yang tidak tertulis.

Langkah melakukan RAJIN :
  • Target bersama,
  • Teladan atasan
  • Hubungan/komunikasi di lingkungan kerja
  • Kesempatan belajar

Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru