Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Cara Cepat dan Mudah Menghitung Berat Besi Tanpa Tabel

    Hallo Civils, Jika kamu seorang civil engineer tentunya mengetahui berat besi tulangan pada beton merupakan hal yang sangat mutlak dan penting. Mengapa demikian ? mengingat tingginya harga beton per m3 ditentukan oleh koefisien berat besi tulangan dalam tiap m3 beton.




  Satuan dasar harga besi tulangan untuk beton adalah Kg. Jadi jangan sekali-kali anda membeli besi untuk tulangan beton menanyakan kepada si pemilik toko material "Pak, berapa harga 1 batang besinya ?". Kembali lagi ketopik artikel ...

Secara umum rumus untuk menentukan berat besi adalah dengan mengalikan volume besi yang dihitung dengan berat jenis material yang dihitung tersebut, Perhatikan persamaan 1 dibawah ini ...

Persamaan 1
Dimana :
  • V besi memiliki satuan m3
  • Bj besi memiliki satuan kg/m3, yaitu 7.850 kg/m3
Sehingga saat kedua variabel diatas dikalikan maka yang tersisa hanyalah satuan massa yaitu (Kg). Jika persamaan 1 kita uraikan lebih detail. dengan mengubah Vbesi dengan rumus Volume tabung yaitu .. (Note : Untuk bentuk besi dengan penampang selain lingkaran mengunkan rumus volume tersendiri)

Permsaaan 2
Dimana :
  • d merupakan diameter dari besi  tersebut.
  • L merupakan panjang dari besi yang dihitung.
Maka apabila persamaan 2 dimasukan ke persamaan 1 dan disederhanakan di peroleh rumus yang sangat sederhana sebagai berikut :


Berikut ini adalah beberapa contoh perhitungannya,. ... . ..

Soal 1
Terdapat besi Ø16 dengan panjang 1 batangnya yaitu 12 meter, berapa berat dari besi tersebut ? (satuan dirumah diameter diubah dari mm ke m)

Maka = 6.165,19 x  0,016^2 x 12 = 18,939 Kg

Mudah Bukan ?

Soal 2 
Dalam sebuah truk terdapat besi  Ø10 dengan berat 5 ton, berat tersebut merupakan berat murni dari besi (tidak termasuk berat truk). diketahui besi yang berada didalam truk tersebut memiliki panjang 12 meter per batang.  Ditanya ada berapa batang besi dengan panjang 12 meter didalam truk tersebut ...

Langkah pertama mencari berat besi per batang :
6.165,19 x 0,01^2 x 12 = 7,3982 kg/ batang

Langkah ke dua mencari jumlah batang:
5 ton = 5.000 Kg
maka = 5.000 : 7,3981 = 675,84 ---- menjadi 676 batang...

Jadi terdapat 676 batang besi  Ø10 dengan panjang 12 meter didalam truk.

Berikut ini tabel koreksi berat baja tulangan untuk koreksi


Semoga bermanfaat dan jangan lupa Share .....

Baca Juga
Share:

2 comments:

Artikel Terbaru