Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Pondasi Tiang Miring (Batter Pile)


Hallo Civils, Pernahkah anda menemukan sebuah pondasi tiang yang dipancangkan miring untuk suatu konstruksi bangunan ?. biasanya tiang yang dipancangkan miring tersebut dapat anda temukan pada pelabuhan atau konstruksi abutment. Tiang yang dipancangkan miring tersebut dapat disebut "Batter Pile". Batter pile digunakan pada sebuah konstruksi apabila besarnya gaya horizontal yang bekerja pada sekelompok tiang vertikal menjadi terlalu besar untuk ditampung, maka dalam penyelesaian masalah tersebut umumnya adalah dengan cara memberikan beberapa tiang miring diantara kelompok tiang vertikal pada kelompok tiang tersebut.

Kemiringan dari tiang miring/Batter pile tersebut, biasanya dibut tidak lebih dari 4:1 karena apabila lebih dari itu dibutuhkan peralatan yang khusus untuk menunjang pelaksanaan konstruksi dan tentunya akan menambah biaya oprasional.
Bagaimana cara menganalisisnya? Untuk mempermudahkan analisis perhitungannya biasanya dibuat asumsi bahwa tiang vertikal hanya menahan beban vertikal saja sedangkan tiang miring menahan gaya horizontal. Asumsi ini bersifat konservatif.
Berikut ini gambaran mengenai batter pile atau tiang miring...


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terimakasih telah membaca...
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru