Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Langkah-Langkah Pemasangan Paving Murah dari Bata

Hallo civils, pada kesempatan kali ini ATS akan memagikan tips pembuatan jalan setapak menggunakan paving atau batu bata. simak langkah-langkah berikut ini :



LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN

LANGKAH-1
Pertama-tama tentukan berapa panjang dan lebar jalan setapak yang akan anda buat. Kemudian buatlah patok untuk menandai tata letak rencana jalan yang akan dibuat di tanah, anda bisa menggunakan string dan pasak. Jalan setapak bisa lurus atau melengkung tentunya sesuai kebutuhan anda.

LANGKAH-2
Gunakan alat yang tersedia seperti pacul/skop untuk menggali di sepanjang tata letak yang telah ditandai, gali hingga kedalaman sekitar 200 mm. ini dilakukan untuk menempatkan lapisan kerikil dan pasir nantinya sebagai lapisan dasar.

LANGKAH-3
Tempatkan lapisan kerikil yang dipadatkan dengan ketebalan 100 mm. setelah menempatkan kerikil, letakkan batu bata di kedua sisi jalan di sepanjang jalan yang diusulkan.

Jika tanah terdiri dari tanah yang sangat lunak, maka alih-alih lapisan kerikil yang dipadatkan kita dapat menggunakan lapisan beton semen/lc. anda juga bisa menggunakan beton instan dengan mutu B0.

LANGKAH-4
Tempatkan lapisan pasir yang dipadatkan dengan ketebalan 50 mm. lapisan pasir ditempatkan di antara tepi bata. Saat memadatkan, berikan kemiringan yang tepat sehingga memungkinkan aliran air hujan keluar dari jalan setapak nantinya.



LANGKAH-5
Pada lapisan pasir yang dipadatkan ini, letakkan batu bata dalam pola yang cocok. Pertahankan jarak antara batu bata yang dipasang dengan jarak sekitar 3 mm hingga 4 mm di antara dua bata; celah ini akan diisi pada langkah selanjutnya.

LANGKAH-6
Ruang yang tersisa di antara masing-masing batu bata diisi oleh campuran semen dan pasir kering. Untuk melakukan ini, pertama campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1: 5. Kemudian sebarkan campuran kering di dalam celah di antara batu bata. Penyebaran campuran kering dilakukan dengan menggunakan sapu. kemudian anda bisa menyiramkan sedikit air bisa menggunakan selang yang yang ditekuk ujungnya. siram secukupnya saja.

LANGKAH-7
Langkah terakhir lakukkan perawatan selama 7 hari setalahnya dengan melakukan penyiraman seperti langkah ke 6.

Semoga bermanfaat..
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru