Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Subgrade

Pada lapisan ini dibutuhkan lapisan tanah dengan kepadatan yang memenuhi standar kepadatan tanah. Pemadatan tanah dilakukan sebanyak 4 kali dengan tebal masing-masing lapisan tanah adalah 25 cm.

A. Metode Pelaksanaan Subgrade adalah sebagai berikut

1. Mobilisasi Tanah
Tanah dipindahkan dengan mengunakan dump truck menuju lokasi penimbunan untuk lapisan subgrade.



2. Penghamparan Tanah
Setelah dump truck sampai dilokasi, material tanah dituang dan dilakukan perataan material dengan mengunakan motor grader.


Baca Juga :

3. Pemadatan Tanah
Setelah proses penghamparan tanah, dilanjutkan dengan proses pemadatan dengan mengunakan Vibro Roller sebanyak 9 Kali passing atau setealah dirasa sudah cukup padat dan memenuhi standar. Selanjutnya pemadatan dilakukan dengan menggunakan Sheep Foot roller agar tanah menjadi lebih padat. Pada kaki-kaki sheep foot roller terjadi tekanan yang lebih tinggi sehingga kaki-kakinya masuk ke dalam tanah. dari kedalaman kaki-kaki tersebut masuk kedalam tanah, dapat dilihat apakah tanah sudah cukup pada atau belum. Maka dari itu, proses pemadatan dilakukan berulang kali hingga mencapai kepadatan tanah standar.

 Pemadatan Vibro Roller

Pemadatan Sheep Foot

4. Perawatan Tanah
Untuk menjaga kedar air optimum di dalam tanah, tanah disiram air dengan menggunakan mobil tangki air.


Demikianlah Metode Pelaksanaan Pekerjaan Subgrade, Semoga bermanfaat. Jangan Lupa Share agar orang lain juga mengetahui informasi yang anda ketahui.



Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru