Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

3 Betuk Girder Beton

     Girder adalah sebuah balok yang diletakan diatas 2 perletakan yang merupakan komponen lentur. dikatakan komponen lentur karena gaya yang bekerja tegak lurus terhadap as dari komponen girder itu sendiri. Girder biasanya terbuat dari komponen baja atau beton. Girder memiliki bentuk yang berfariasi dan disetiap bentuknya memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. berikut ini adalah beberapa tipe atau bentuk dari Girder beton.

1. BOX GIRDER



Box Girder merupakan girder yang sangat baik untuk digunakan sebagai struktur dari suatu jembatan. Jika dilihat dari sisi produksi, Box girder tidak memiliki Batasan Panjang bentang. Sebelum dipasang setiap box girder telah mengalami proses erection terlebih dahulu dan box girder ini dibuat dalam bentuk segmental. dan tahukah anda bahwa pada faktanya pembuatan Box Girder segmental ini sangat rumit menurut beberapa kontraktor precast. mengapa demikian ?.jawabannya adalah dikarenakan setiap segmen dari box girder penyusun dari suatu jembatan memiliki ke-unikan tersendiri. ke-unikan tersebut meliputi perbedaan dari penampang, elevasi dan jumlah tulangan yang digunakan. namun dari kerumitan tersebut struktur box girder memiliki keuntungan dari sisi kekuatan serta estetika terlebih jika digunakan di perkotaan. seperti Overpass pada Matraman, Overpass pancoran, Overpass R.E Martadinata (Ancol).


2. PCI GIRDER



Merupakan girder yang memiliki benetuk seperti huruf I. girder ini sering digunakan pada overpass yang sering terdapat dalam tol-tol besar. Box girder ini memiliki bentuk pada bagian tengah yang lebih langsing dari pada sisi bagian atas dan bawah. hal ini tentunya membuat nilai girder menjadi ekonomis namun tidak mengurang inersia dari profil tersebut.selain itu dengan bentuknya yang ramping ditengah membuat girder pci ini menjadi lebih ringan disbanding dengan jenis girder lainnya. dalam pembuatannya PCI girder dapat dibuat per-segmental maupun langsung dalam bentang Panjang. untuk pci girder segmental biasanya diangkut dari pabrik persegmen dan nantinya akan disatukan pada lokasi proyek. 

3. PCU GIRDER



PCU Girder merupakan kosep baru yang balakangan ini sering diterapkan pada proyek konstruksi. bentuknya hamper sama dengan box girder namun pada bagian tengahnya cukup langsing. serta ukurannya relative lebih kecil dibandingkan dengan box gider. 

Demikianlah artikel diatas semoga bermanfaat...






Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru