Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

2 Metode Pencampuran Adukan Beton

Perencanaan campuran diperlukan untuk mendapatkan resep campuran yang memenuhi syarat, menghasilkan campuran yang memenuhi kinerja yang baik dari agregat yang tersedia.



Metoda perencanaan campuran yang umum dipergunakan di Indonesia adalah :

#1 Metode Bina Marga
         Metode Bina Marga, bersumber dari BS 594 dan dikembangkan untuk kebutuhan di Indonesia oleh CQCMU ( Central Quality Control & Monitoring Unit, sehingga lebih dikenal dengan nama metode CQCMU. Perencanaan dengan metode ini dimulai dari kadar aspal efektif yang tetap sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam spesifikasi. 



Pencampuran  agregat yang tersedia di lokasi di variasi untuk dapat memenuhi syarat rongga udara, tebal film aspal dan stabilisasi. Jadi pada metode ini rongga udara dalam campuran merupakan kriteria pokok, bersama dengan kadar aspal efektif yang akhirnya menentukan tebal film aspal yang terjadi. Karena bertitik tolak dari rongga udara dan film aspal, maka campuran dengan menggunakan metode ini mempunyai sifat durabilitas yang tinggi. Tiga jenis campuran aspal dengan durabilitas tinggi yang dapat dihasilkan dengan mempergunakan metode ini adalah HRS kelas A, untuk jalan dengan lalu lintas rendah, HRS kelas B, untuk jalan dengan lalu lintas tinggi, ATB dan ATBL sebagai lapis pondasi.

Baca juga:

#2 Metode Asphalt Institute



          Metode Asphalt Institute, perencanaan campuran dengan metode ini bertitik tolak pada stabilitas yang dihasilkan. Oleh karena itu yang menjadi dasar adalah gradasi agregat campuran yang harus memenuhi lengkung Fuller, berarti gradasi agregat campuran merupakan gradasi yang baik/menerus. Batas gradasi campuran yang diizinkan dan sifat campuran yang diinginkan diberikan pada spesifikasi. Untuk merancang campuran beton aspal, pertama harus ditentukan tipe gradasi agregat yang akan digunakan, jika hasil dari analisa ayak,  ternyata agregat yang akan digunakan tidak memenuhi syarat, maka lakukan penggabungan.  

Semoga Bermanfaat ..
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru