Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Jenis-jenis Sambungan Pipa PVC dan Fungsinya

Hallo civils, pada kesempatan ini ATS akan mebahas mengenai Jenis-jenis sambungan pipa PVC Berserta fungsinya". Sebelumnya kamu tentu sudah tahukan apa itu pipa pvc?, iya benar. pipa pvc  atau sering dikenal paralon sering kita temui diperumahan maupun non perumahan. Fungsi utamanya adalah sebagai media penyalur air namun terkadang bisa juga digunakan untuk pelindung kabel listrik loh. mengingat sistem instalasi air atau listrik berbelok-belok(tidak selalu lurus) tentunya pipa pvc membutuhkan sambungan  untuk menyesuaikan kondisi pemasangan. Nah berikut ini adalah beberapa jenis-jenis sambungan pipa pvc berserta fungsinya :

Alfin Aries, Jenis-jenis sambungan pipa pvc dan fungsinya


1. SHOCK
Shock merupakan salah satu sambungan pipa lurus, digunakan apabila panjang suatu pipa pvc tidak terpenuhi untuk menjangkau area tertentu. Terdapat berbagai macam jenis shock antara lain : Shock polos, shock drat luar, shock drat dalam, shock drat luar polos, shock drat dalam polos dan shock drat luar dalam. 

 

2.ELBOW
Elbow merupakan sambungan yang memiliki fungsi untuk membelokan saluran. Umumnya berbentuk L dengan sudut yang dibentuk adalah 90° (Elbow 90°) dan 45° (Elbow 45°). Selain itu pada elbow ada 2 radius yaitu radius kecil(Elbow) dan radius besar (Elbow bend).




3. TEE STUCK
Tee Stuck merupakan sambungan yang membagi saluran menjadi 2 arah, Berbentuk seperti huruf T dan Y. Terdapat beberapa jenis Tee stuck antara lain : tee stuck polos, tee stuck drat, double tee stuck dan Y Stuck.



4. CROSS
Sambungan tipe cross hampir sama fungsinya dengan Tee Stuck bedanya tipe cross membagi satu aliran menjadi 3 aliran dengan arah yang berbeda.


5. REDUCER
Seperti namanyna Reducer memiliki arti mengecilkan. fungsi dari sambungan ini adalah mengubah ukuran sautu pipa ke pipa lainnya yang memiliki diameter lebih kecil. Reducer terdapat 2 tipe yaitu reducer elbow dan reducer shock (soket).




6. PENUTUP
Penutup atau dof digunakan sebagai media penutup ujung saluran dan ada juga tipe penutup dengan plug.




7. P-TRAP
Tipe sambungan ini adalah yang paling unik dan fungsional dibandingkan dengan sambungan lainnya. Tentunya fungsi utama P-trap adalah sebagai penyambung aliran tetapi jenis sambungan ini memiliki fungsi lain yaitu penahan bau, cocok digunakan untuk wastafel. dibagian bawahnya terdapat tutup yang dapat dibuka untuk membersihkan kotoran.

 Semoga Bermanfaat, Jangan Lupa Share.

Punya saran untuk artikel berikutnya. Ketikan saran anda dikolom komentar atau melalui form kontak kami dibawah web ini. Terimakasih.
 

 
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru