Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Cara Mudah Atasi Lantai Turun atau Amblas

Memiliki rumah yang nyaman tentunya merupakan idaman bagi setiap orang. mengingat fungsi dari rumah itu sendiri adalah sebagai tempat berteduh, berlindung dan beristirahat bagi sang pemilik. Namun terkadang kenyamanan rumah akan berkurang seiring bertambahnya tahun dikarenakan beberapa kondisi fisik bangunan rumah tersebut akan mengalami kerusakan minor bahkan major. salah satunya yang akan kita bahas adalah kerusukan pada lantai yang turun atau amblas.



Masalah turunnya lantai ini sering ditemui pada setiap hunian tempat tinggal dan biasanya disebabkan oleh beberapa hal antara lain. buruknya lapisan tanah dibawah lantai yang dipasang (pemadatan kurang maksimal) atau kesalahan dalam pemasangan lantai tersebut.


Sebagaiknya jika anda menemui lantai yang amblas. cepatlah ambil tindakan untuk memperbaikinya. tentunya sebelum kerusakan tersebut bertambah parah. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda coba :
  1. Lepas lantai yang mengalami masalah tersebut namun apabila kondisi lantai tidak memungkinkan dilepas (akan hancur jika dilepas paksa) sebaiknya anda siapkan lantai dengan tipe dan corak sejenis.
  2. Apabila kondisi tanah dibawah lantai yang bermasalah labil (lembek). anda dapat menambahkan sedikit batu kerikil atau batu kricak untuk membantu menstabilkan kondisi tanah tersebut. jangan lupa untuk dipadatkan.
  3. Setalah proses stabilisasi dengan batu kerikil selesai, selanjutnya taburkan pasir secara merata lalu padatkan. anda bisa memberikan sedikit air dengan cara dipercik untuk membantu agar butiran pasir lebih sedikit padat.
  4. Apabila pada point ke 1 lantai berhasil dilepas, sebaiknya anda bersihkan adukan lama yang menempel pada sisi bawah keramik, namun apabila point ke 1 tidak berhasil anda bisa lewatkan point ini.
  5. Siapkan spesi perekat lantai berupa campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 2
  6. Letakan spesi diatas pasir yang sudah dipadatkan secara merata.
  7. Selanjutnya, pasang kembali lantai secara perlahan dan berikan sedikit pukulan secara perlahan dengan palu karet. (Jangan lupa, pastikan keramik yang anda pasang rata dengan waterpass)
Sekian Semoga bermanfaat. . 
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru