Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Peran Quantity Surveyor Dalam Dunia Konstruksi

Hallo, Pada kesempatan kali ini kita akan membas mengenai divisi pada Quantity Surveyor pada sebuah proyek konstruksi. Kira-kira apakah kalian sudah mengetahui apa itu Quantity Surveyor ?? Apa tugasnnya ??. Jika belum maka simak penjelasan diberikut ini.


Secara umum Quantity Surveyor atau yang sering disingkat dengan sebutan QS ini merupakan divisi yang memiliki tugas utama yaitu menentukan suatu biaya atau budget yang diperlukan untuk mengadakan suatu kegiatan konstruksi baik itu pengadaan jasa atau material berdasarkan spesifikasi teknik yang telah dirancang, yang dimana biaya atau budget tersebut telah ter-estimasi sesuai anggaran yang dimiliki. Bisa di ibaratkan divisi ini merupakan salah satu sistem pemegang tuas rem pada suatu konstruksi. Mengapa demikian ??

Karena biasanya pada suatu item pekerjaan pada BOQ itu sendiri nilainya tidak selalu menguntungkan. (Timbul pertanyaan lah bagaimana bisa BOQ yang sudah dimenangkan oleh suatu penyedia jasa konstruksi itu tidak menguntungkan ?? bukannya mereka sudah hitung diawal untuk keuntungannya). Iya memang benar pemikiran seperti itu, tetapi saat berjalannya proyek biasanya ada faktor x yang mempengaruhi biaya suatu item pekerjaan yang akan berjalan. oleh sebab itu pada tiap item pekerjaan pada BOQ itu tidak selalu menguntungkan, hal tersebut dapat disiasati dengan memilah item pekerjaan mana yang kira-kira bisa dijadikan profit, apabila memungkinkan untuk mendapatkan profit maka harga pada item tersebut perlu di estimasi se-efisien tentunya aga kontraktor medapatkan keuntungan, dan apabila terdapat item pekerjaan yang sekiranya tidak menguntung dengan harga yang sudah disepakati dalam BOQ maka tetap harus dilakukan estimasi untuk mengurangi melesetnya anggaran, Jadi sebenarnya seperti konsep tambal sulam. maka seorang Quantity Surveyor harus jeli dalam melihat hal tersebut dan di bicarakan bersama dengaan Cost Control.


Jadi berdasarkan penjelasan diatas bisa diambil kesimpulan bawah Quantity Surveyor tugasnnya bukan hanya menghitung volume dan harga ya. tetapi harus paham juga mengenai BOQ atau RAB. Karena kalau sekedar menghitung volume saja anda tidak akan maju.Karena untuk menghitung volume itu bisa dilakukan oleh siapa saja, mungkin sedikit pembeda yaitu pada kecakapan membaca gambar kerja.

Berikut ini merupakan tugas dan peran seorang Quantity Surveyor antara lain :
  1. Menghitung quantitas baik itu luas, volume atau satuan lainnya yang nantinya hitungan tersebut akan digunakan untuk menentukan harga (Jasa) kontrak pekerjaan yang akan diberikan kepada sub-kontraktor atau mandor. (Pastikan hitungan anda teliti)
  2. Menghitung quantitas baik itu luas, volume atau satuan lainnya yang nantinya hitungan tersebut akan digunakan untuk melakukan pengadaan material sesuai dengan spesifikasi teknis.
  3. Melakukan Opname untuk menentukan pembayaran yang dapat dikeluarkan berdasarkan bobot atau volume dilapangan untuk Sub-kontraktor atau mandor.
  4. Memastikan gambar kerja yang digunakan sudah Up to data dan siap diaplikasikan dilapangan.
  5. Menghitung dan menentukan harga satuan pekerjaan berdasarkan SNI-AHSP yang berlaku.
  6. Berkoordinasi dengan Cost Control terkait harga satuan pekerjaan agar terestimasi dengan baik.
Setelah membaca pemaparan diatas apakah anda tertarik untuk menjadi Quantity Surveyor/QS ?? jika tertarik pastikan ada mempunyai kemampuan-kemampuan berikut ini :
  1. Mampu mengoprasikan software AutoCAD, lebih baik jika menguasai software lainnya seperti : Cubicost, SketchUp.
  2. Mampu mengoprasikan software Ms.Excel + Formula oprasi perhitungan.
  3. Pastikan diri anda Disiplin dan Teliti.
  4. Mampu bekerja tanpa lelah, apabila terdapat perubahan gambar secara tiba-tiba yang membuat anda harus menghitung ulang kuantitas suatu pekerjaan.
Nah demikianlah penjelasan yang singkat mengenai divisi Quantity Surveyor, apabila ada pertanyaan anda bisa berikan komentar dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat - Salam Teknik.


Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru