Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms.Word 2016

Hallo.pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di program pengolahan kata Microsoft Word.Tentunya, Daftar isi otomatis ini membantu kita menghemat waktu serta lebih praktis dibandingkan dengan membuat daftar isi secara manual.  Diharapkan artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mengerjakan Tugas makalah, Laporan PKL, Skripsi dan tugas akhir. Ok langsung saja kita mulai untuk membuat daftar isi otomatis ikuti langkah langkah dibawah ini :

Langkah 1.
Siapkan File Ms.Word ( Saran saya sebaiknya sebelum laporan, skripsi, makalah atau sejenisnya selesai kita telah melakukan langkah langkah ini, Tujuannya agar mempersingkat waktu ). Perlu diingat jangan lupa kalian telah memberi penomoran pada halaman.


Langkah 2
Masuk kebagian Tab Reference setelah itu drag atau block Kata BAB 1. Setelah itu lalu klik "Add Text" yang berada dipojok kiri pada tab Reference.




Langkah 3
Selanjutnya akan muncul list opsi "Level 1, Level 2, dan Level 3" untuk kata BAB I kita pilih level 1. untuk penjelasan mengenai Level Level ini akan dijelaskan diakhir artikel ini.


Langkah 4
Selanjutnya setalah menambahkan level pada BAB I, Kita akan menambahkan level pada Sub BAB I Yaitu " 1.1 Latar Belakang". Caranya sama seperti langkah 2 tetapi kita berikan Level 2.



Langkah 5
Setelah BAB I dan Sub BAB I kita akan memberikan level pada anak dari Sub Bab 1 ( . Langkahnya sama seperti Langkah 2 dan Langkah 4. Namun kita pilih level 3.

Langkah 6
Setelah pemerian Level Selesai sekarang kita tinggal menampilkan Daftar isi otomatis tersebut. Daftar isi biasanya terletak setelah kata pengantar. Siapkan page lembar kosong setelah kata pengantar lalu , Klik References - Table Of Contents - Pilih Automatic Tabel 1. dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



Langkah 7
Lalu daftar otomatis akat terbuat seperti gambar dibawah ini. Anda tinggal Mengatur tebal kecilnya huruf, jarak antar kalimat dan jenis huruf.


Langkah 8
Kira kira seperti ini lah tampilan daftar isi otomatis setelah kita rapikan.



Demikian lah cara membuat daftar isi otomatis di program Microsoft Word. Baca juga tips dibawah ini.

Tips Tips Lainya


Tips 1. Jika setelah membuat daftar isi terjadi perubahan yang diakibatkan penamban text atau gambar anda tidak perlu penghapus daftar isi. Anda dapat meng-Updatenya agar kondisi daftar isi sesuai dengan keadaan dokumen anda yang terbaru.



Tips 2. Dengan adanya daftar isi otomatis ini anda dapat untung baik secara waktu dan kemudahan akses karena. anda dapat menampilkan navigation pane (Navigasi daftar isi) dengan cara sebagai berikut: Klik View- Centang Navigation Pane lalu akan tampil di sisi kiri. anda tinggal mengklik list daftar isi tersebut untuk menuju halaman yang anda mau.



Ok seperti yang telah dijelaskan diatas. dan kali ini saya akan membahas mengenai pelevelan. Level 1 digunakan untuk main BAB I (Bab utama). Level 2 untuk tingkatan yang lebih rendah dibawah Bab utama. dan level 3 lebih rendah dari level 2 yang merupakan Sub Sub Bab. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar pada Langkah 8.

Baca juga cara membuat Daftar Gambar Otomatis disini.
Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru