Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Prospek Kerja Teknik Sipil, Banyak dibutuhkan saat ini !!

Kalian mau kuliah di jurusan Teknik Sipil ? Tapi masih bingung bagaimana gambaran prospek kerja lulusan mahasiswa Teknk Sipil?. Berbeda dengan lulusan jurusan lain yang memiliki saingan yang cukup ketat pada dunia pekerjaan. Mengapa saya bilang demikian? karena jurusan teknink sipil bersifat khusus dalam arti kegiatan didalam pekerjaan konstriksi tidak bisa dilakuka oleh lulusan jurusan lain dalam persentasi 100%. selain itu mengingat pada saat ini negara kita sedang banyak membangun infrastruktur disetiap wilayahnya. tentunya hal tersebut merupakan peluang yang besar bagi kita lulusan teknik sipil untuk masuk atau ikut serta dalam proyek pembangunan tersebut. Ettts tentunya dengan kualitas dan kemampuan yang cukup juga ya.

Berikut ini merupakan beberapa Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil.

1. Kementrian PUPR
Kementrian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) telah mengambil langkah agar lulusan sarjana teknik sipil bekerja pada bidangnya bukan di bank. Tentunya untuk bekerja pada kementrian PUPR sangat terbuka bagi kalian lulusan teknik sipil. 





2. Kontraktor
Kontraktor atau juga bisa disebut penyedia Jasa Konstruksi. Kontraktor bertugas untuk merubah gambar atau merealisasikan gambar yang telah dirancang oleh konsultan menjadi bangunan fisik yang nyata. Terdapat banyak kontraktor milik BUMN ataupun suasta di Indonesia tentunya peluang anda untuk bekerja di dunia konstruksi cukup luas bukan?mengingat pembangunan terus digencarkan dinegara kita ini.  Didalam kontraktor terdapat banyak jabatan yang bisa anda pilih antara lain.

  • Project Manger (PM) adalah perwakilan dari kontraktor yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap jalannya pelaksanaan proyek
  • Site Engineer (SE) adalah pembantu tugas manager proyek yang memiliki tugas dalam perencanaan teknik dan material yang meliputi menyediakan seluruh shop drawing, membuat perhitungna konstruksi yang diperlukan, menentukan spesifikasi data teknik dan volume pekerjaan.
  • Supervisor (SPV) adalah seseorang yang diberi tugas untuk mengawasi jalannya proyek dilapangan.
  • Quantitu Surveyor (QS) adalah seorang yang bertugas menyusun volume untuk progres mandor & main kontraktor,Memonitor kegiatan proyek meliputi analisa Rencana Angaran Pelaksaan Proyek.
  • Heath, Safety and Enviroment (HSE) adalah depertemen yang bertugas pada manajemen K3.





3. Konsultan Perencana
Bebeda dengan Kontraktor yang bertugas sebagai badan yang merealisasikan suatu produk mejadi bentuk fisik. Konsultan perencana berguas sebagai perencana dari suatu bangunan sebelum dibuat. Konsultan perencana bekerja berdasarkan keinginan dari owner yang diterjemahkan kedalam sebuah gambar. dan pada konsultan perencana ini kalian harus menguasai perhitungan-perhitungan konstruksi agar bangunan yang kalian rancang dapat aman digunakan.





4. Perusahaan Listrik Negara
PLN membutuhkan lulusan Teknik Sipil dalam pengembangan jaringan listrik baik itu pembuatan tower sutet (Saluran udara tegangan extra tinggi), pembangkit listrik dan jaringan-jaringan penunjang lainya. bukan hanya membangun tetapi lulusan teknik sipil juga bertugas melakukan perawatan atau maintenance pada infrastruktur yang bersangkutan dengan pengadaan tenga listrik.





5.  Bidang Umum
Yang dimaksud bidang umum yaitu pada Perminyakan, Telkom, perkereta apian, kepelabuhan, bandara udara, perminyakan serta pada manufaktor seperti Toyota, Honda, Mitshubishi dan masih banyak lainnya. namun bidang teknik sipil hanya bekerja pada pengembangan atau perawatan dari  bangunan fisik. 


Sebenarnya masih banyak lagi prospek kerja teknik sipil. mengapa saya katakan demikian mengingat setiap negara pasti dan tentunya selalu mengalami perkembangan baik dari segi infrastruktur maupun segi sistem dari negara tersebut. yang intinya pembangunan infrastruktur tidak akan berhenti mungkin tidak akan pernah.


Lalu bagaimana dengan masalah gaji ? Fresh graduate teknik sipil rata rata memiliki gaji paling rendah kurang lebih Rp. 4.5 - 6 Juta namun angkan meningkat seiring bertambahnya keahlian dan pengalaman dan bersarnya gaji bisa mencapi ratusan juta. Apakah masih tertarik ingin masuk di jurusan Teknik Sipil ?



Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru