Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

9 Tips Menghemat Biaya Membangun Rumah Hingga 30%


Mempunyai rumah merupakan impian semua orang dikarenakan rumah merukapakan kebutuhan pokok manusia. fungsi dari rumah sebagai tempat untuk berlindung atau bertahan dari kondisi cuaca diluar. Namun untuk merealisasikan keinginin untuk memiliki rumah impian tidak mudah. Biaya/harga meruapakan tantangan tersendiri bagi setiap orang yang ingin membangun atau membeli rumah. namun pada artikel kali ini ada beberapa tips untuk menekan harga pembangunan rumah yang cukup tinggi. simak penjelasan dibawah ini.


1. Lokasi Rumah

Ini merupakan langkah awal sekaligus terpenting yang harus anda pertimbangkan dengan sangat matang. Jika anda bekerja di DKI Jakarta dan anda ingin membuat rumah pada area kota jakarta tentunya anda harus mengeluarkan uang yang cukup besar untuk membeli sebuah tanah. namun jika dilihat dari kondisi saat ini jarang sekali di Ibu kota ditemui tanah kosong tanpa bangunan yang berdiri diatasnya dan bisa dipastikan jika anda membeli tanah di ibukota tentunya anda secara tidak langsung harus membeli property diatasnya juga. 

Lain hal jika jika anda membeli sebuah tanah yang ingin dijadikan tempat berdirinya rumah anda pada area tepi ibu kota seperti tangerang,bekasi,depok,bogor dan sekitarnya. pada daerah-daerah tersebut mungkin kita masih menemui tanah kosong yang tentunya nilai harga permeter luasnya lebih rendah dari harga yang ditawarkan dipusat kota. Namun jika anda berkerja di Ibukota/pusat kota lainnya dan anda harus membuat rumah jauh dari tempat berkerja anda. anda harus memperhatikan cost atau biaya yang akan anda keluarkan untuk pulang-pergi ke lokasi anda bekerja. 
Jadi anda harus memilih lokasi yang berdekatan dengan akutan umum atau jika anda mengunakan kendaraan pribadi anda harus mensurvey rute yang harus anda lalui menuju kantor apakah di rute tersebut terdapat kemacetan atau hal-hal lain yang menggangu aksesbilitas anda munuju kantor. 

Jadi sebenernya untuk pemilihan lokasi ada plus minusnya. Jika membangun dikota harga lebih mahal namun akses mudah. sedangkan membangun diluar pusat kota harga tanah murah namun akses sedikit sulit selain faktor dari jarak tempuh.

2. Design Minimalis

Pilihlah Design Minimalis dikarenakan memeiliki beberapa keuntungan dari konsep rumah minimalis antara lain : Pemanfaatan luas tanah untuk bangunan menjadi lebih maksimal, detail design tidak terlalu rumit atau ribet sehingga biaya pengerjaannya tidak terlalu mahal namun memiliki nilai estetika yang cukup tinggi, finishing dinding tidak terlalu rumit,  selain itu bentuknya yang simpel namun modern akan mempersingkat masa konstruksi sehingga biaya untuk pembangunan akan berkurang dan menjadi lebih hemat.
Saat ini banyak sekali di internet design-design rumah dengan konsep minimalis yang dapat anda jadikan acuan untuk membangun rumah.

3. Perencanaan Matang

 Ini merupakan tahap yang sangat penting sekaligus digunakan untuk pengontrolan dan pengendalian biaya konstrusi. perencanaan yang matang sangat dibutuhkan, mengapa demikian? dikarenakan untuk menghindara probabilitas pada masa pembangunan dan konstruksi. selain itu kita bisa mengkontrol apakah pekerjaan sesuai dengan apa yang kita rencanakan atau tidak. baik itu dari segi harga maupun waktu.

Baca juga :

Dari perencanaan ini kita bisa menentukan atau memilih tukang profesional yang dapat bekerja sesuai dengan waktu dan  harga yang kita tentukan. selain itu kita bisa memilih bahan bangungunan yang akan kita gunakan untuk membangun rumah. oleh sebab itu dengan adanya perencanaan kita bisa menentukan atau mengestimasi biaya yang harus kita keluarkan untuk membuat rumah.

4. Survey Harga Material

Mengingat harga bahan bangunan yang kian hari semakin meninggi. kita bisa melakukan survei harga pada lokasi sekitar rumah yang akan kita bangun. dengan membandingkan harga suatu material yang memiliki mutu atau kualitas terbaik dengan harga terjangkau. biasanya setiap item dijual dengan harga berbeda-beda disetiap material jadi anda perlu melakukan survey harga. hal ini cukup efektif untuk menekan harga pembangunan rumah namun jarang sekali orang yang melakukan hal ini dikarenakan sungkan harus keluar masuk toko hanya untuk menanyakan harga bahan bangunan. 

5. Survey Harga Tukang

Setelah menentukan harga material yang digunakan tentunya kita harus menentukan budget yang harus disediakan untuk tenaga pekerja. peran pekerja disini sangat penting karena merupakan faktor penentu kemajuan dari pembangunan rumah anda selain dari bahan material. Pilihlah tukang yang mau dibayar sesuai dengan kapasistas keahliannya atau dibayar tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal namun memiliki daya kerja yang sangat efisisen. Biasanya untuk membangun rumah orang-orang mengandalkan kenalan-kenalan yang memiliki keahliian tersebut dan tentunya harga upah bisa di negosiasikan hingga menemukan titik yang matang. jangan sampai memilih tukang yang angot-angotan. jika sudah terlanjur tidak ada salahnya anda menegur dan apabila tidak digubris anda bisa menggantinya dari pada harus membuang uang anda tanpa ada progress pekerjaan yang berarti.

6. Ruangan Multifungsi

Buatlah ruangan multifungsi. yang dimaksud ruangan multi fungsi adalah mengabungkan 2 atau lebih ruangan dalam 1 ruangan. biasanya ini sering kita jumpai pada rumah dengan konsep minimalis. pengabungan ruangan ini tentunya tanpa sekat atau dinding pembatas. Hal ini tentunya lebih menghemat karena sekat atau dinding penyekat tidak terlalu banyak. selain itu kita bisa memanfaatkan sudut sudut ruangan dengan furnitur yang multifungsi.

7. Atap Baja Ringan

Pilihlah atap dengan baja ringan dikarenakan lebih murah dan berkualitas dibandingkan dengan mengunakan atap yang terbuat dari dak beton dikarenakan selain harga pembuatannya yang cukup mahal tentunya berat dari dak beton akan berimbas pada struktur dibawahnya. tentunya jumlah tulangan dan dimensi kolom dan balok akan lebih besar akibat dari berat dak beton. sebaliknya dengan atap dari baja ringan yang tidak terlalu meberikan beban pada struktur dibawahnya akan menghemat  biaya konstruksi.

Baca juga :
8. Efisiensi Pengunaan Kayu (Zero Waste)

Dalam proses pekerjaan struktur seperti pengecoran baik itu pada pondasi, sloof, kolom, balok dan plat lantai tentunya diperlukan kayu-kayu dan triplek untuk pembuatan cetakan sebagai media pengecoran. nah disini anda harus pintar megatur agar nantinya kayu-kayu tersebut dapat dipakai berulang-ulang jika masih memungkinkan. hal ini tentunya akan menghemat biaya konstruksi pembuatan rumah anda.

9. Jasa Konsultan


Mungkin ini jarang tips ini jarang dilakukan dikarenakan hanya membangun sebuah rumah bukan sebuah gedung. namun ada 3 probabilitas yang akan terjadi jika anda tidak mengunakan jasa konsultan antara lain.
  • Murah : Namun konstruksi tidak aman atau tidak stabil (Contoh lantai 2 bergetar saat di injak)
  • Efisien : Semuanya tergolong ekonomis (Ingat tetapi ini hanya probabilitas)
  • Kuat    : Konstruksi sangat kuat namun boros material dan biaya 

Berikutlah probabilitas yang akan terjadi jika anda tidak mengunakan jasa konsultan. untung untung jika yang anda bangung merupakan point ke 2. namun yang sering terjadi dilapangan atau dimasyarakat yaitu point ke 3. tidak ada salahnya jika anda menyisakan sedikit biaya untuk menyewa jasa konsultan mungkin tidak terlalu mahal mengingat konstruksi hanya sebuah rumah tingga. syukur-syukur jika anda anak teknik sipil. anda dapat menghitungnya sendiri dengan kemampuan anda tentunya ini jauh lebih menghemat biaya pembangunan.


Demikianlah artikel mengenai tips menghemat biaya pembangunan rumah tinggal. semoga bermanfaat. Area-TeknikSipil.blogspot.com


 

Baca Juga
Share:

2 comments:

  1. Replies
    1. Terimakasih Telah Berkunjung. Untuk informasi atau komunikasi bisa melalui/mengisi form pada "Kontak Kami" yang disediakan tepat dibawah website ini :)

      Delete

Artikel Terbaru