Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

4 Aplikasi Android untuk Teknik Sipil

Memasuki era industri 4.0 ini banyak kemajuan teknologi di bidang IT maupun dibidang lainnya yang telah bermunculan. Semuannya diciptakan demi memudahkan umat manusia untuk melakukan sesuatu sehingga kita dapat menghemat waktu secara efisien berkat teknologi tersebut. 

Pada bidang konstruksi juga banyak kemajuan yang terjadi. antara lain yaitu munculnya atau terciptanya program program Komputer yang memudahkan manusia untuk mendesign suatu bangunan yaitu AutoCAD, SketchUP. Program Struktur SAP200, ETABS dan yang terbaru saat ini ada BIM (Building Information Modeling). semuanya tercipta untuk memangkas waktu serta memudahkan kegiatan pembangunan di sektor Konstruksi.

Selain program-program komputer, terdapat pula aplikasi mobile (Android) yang sangat bermanfaat dan berguna pada sektor konstruksi. Kehadiran aplikasi-aplikasi ini sangat bermanfaat tentunya pada proses edukasi dan pelaksanaan dilapangan. Aplikasi aplikasi ini dibuat berdasarkan teori atau formula dari perhitungan manual yang kemas dalam tampilan software/Aplikasi. Berikut ini adalah beberapa aplikasi android yang bermanfaat bagi sektor konstruksi/ Teknik Sipil.


Merupakan aplikasi CAD versi mobile lite yang dikembangkan oleh AutoDesk. digunakan untuk melihat atau membuka file berextensi DWG melalui perangkat mobile, sehingga anda tidak perlu membawa laptop yang cukup berat saat berada dilapangan. Namun ada beberapa fitur yang dipangkas pada versi mobile ini dari versi asli (Komputernya).
 
 
Aplikasi yang satu ini memiliki fungsi sesuai namanya, yaitu menghitung struktur rangka. Aplikasi ini sangat berguna bagi anda yang sedang mempelajari mekanika teknik sebagai media cross checker apakah hitungan anda benar atau tidak. Aplikasi ini sangat sering dipakai oleh mahasiswa tekniksipil.


Aplikasi ini bekerja seperti halnya waterpass. Anda dapat mengecek kemiringan antara suatu titik ke titik lainnya. salin itu anda dapat mengunakar fitur nivo yang dapat anda gunakan sebagai pencekan apakah suatu lokasi datar atau tidak.
 
 
Aplikasi ini merupakan aplikasi modern diantara aplikasi lainnya dibidang konstruksi. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk melihat konstruksi anda secara 3D. Selain itu aplikasi ini dapat memungkinan anda untuk menganalisis workflow suatu proyek, safety, dan masih banyak lainnya.
 
 Demikianlahlah artikel ini dibuat semoga bermanfaat
 




Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru