Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Tipe-tipe Crane Dengan Roda Penggerak

Crane dengan penggerak, sesuai namannya crane jenis ini dapat melakukan mobilisasi dalam melakukan pekerjaannya. berbeda dengan Tower Crane yang tidak dapat melakukan mobilisasi, alias statis pada suatu titik yang telah ditentukan pada suatu proyek ( Biasanya proyek pembangunan gedung). Crane dengan kemampuan mobilisasi ini terbagi menjadi 3 tipe yaiut :
  1. Crawler Mounted Crane
  2. Truck Mounted Crane
  3. Wheel Mounted Crane
Berikut ini adalah penjelasan dari 3 tipe crane tersebut :

1# Crawler Mounted Crane


Crane jenis ini memiliki roda penggerak rantai dan bagian atasnya dapat berputuar 360 drajat. Crane jenis ini cocok pada track tanah maupun batuan. namun crane jenis ini memiliki pergerakan yang sangat terbatas (Lambat). ukuran dari crawler mounted crane ini sendiri bervariasi dari ukuran kecil hingga besar. untuk mobiliasasi menuju area proyek sendiri crawler mounted crane ini harus di bagi menjadi beberapa bagian (segmen) dan kemuadian diangkut menggunakan truck trailer khusus. kontak antara alat dan tanah tidak akan menimbulkan penurunan tanah yang berarti kecuali tanah yang dipijak oleh alat benar-benar sangat jelek.

2# Truck Mounted Crane


Crane jenis ini memiliki boom yang sama dengan tipe crawler mounted crane hanya saya ada modifikasi pada bagian penggerak. Pada truck mounted crane ini mengunakan ban untuk menunjang mobilisasinya. Tentunya dengan pemilihan ban tersebut mobilitas alat sangat tinggi. dan dalam melakukan mobilisasi dari suatu tempat ketempat lain truck mounted crane ini tidak perlu harus dipecah menjadi berbagai kecuali pada bagian boomnya.

3# Wheel Mounted Crane


Crane jenis wheel mounted crane ini sangat berbeda dengan crawler mounted crane. pada bagian rodanya menggunakan ban dan pada bagian boomnya mengunakan sistem hidrolis. Crane ini juga disebut dengan hydraulic crane atau telescopic crane. selain memiliki mobilitas yang tinggi, jenis ini juga memiliki boom yang dapat diatur panjang pendeknya sesuai dengan pekerjaan yang dijangkau tentunya hal ini membuat jenis crane ini memiliki fleksibelitas yang sangat tinggi dalam melakukan pengerjaannya.

#SemogaBermanfaat...



Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru