Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Dampak Akar Pohon Terhadap Bangunan Sekitar

Hallo Civils, Taukah kalian bahwa... Pohon yang tumbuh cepat di dekat bangunan dapat menyebabkan penurunan yang tidak merata ketika akar pohon aktif mengeringkan/menyedot mineral pada tanah termasuk air sehingga menyebabkan penyusutan tanah yang berbeda-beda disetiap titiknya. Tanah lempung yang menyusut mempengaruhi daya dukung dan menyebabkan pergerakan di dalam bangunan, terutama pada fondasi yang dangkal.


Akar pohon dapat meluas pada jarak yang cukup jauh dan dapat mengekstraksi kelembaban sedalam 6 m di bawah permukaan tanah loh. Oleh karena itu, diperlukan untuk melakukan survei yang akurat tentang posisi mereka dan mendapatkan rincian jenis atau tipe dari suatu pohon, dan pada saat yang sama kita dapat menyimpulkan bahwa pohon tersebut adalah penyebab kerusakan 

Pohon poplar dan pohon elm dengan sistem akar yang tumbuh cepat dapat menyebabkan pergerakan musiman yang sangat serius tentunya berdampak besar pada struktur sebuah bangunan.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah yang disebabkan oleh akar pohon ??...


Salah satu cara untuk menghindari masalah akibat dari akar pohon-pohon adalah dengan menjaga 'jarak aman' antara pohon dan bangunan. Beberapa spesies pohon cenderung menyebabkan lebih banyak masalah dari pada yang lain. Bisa dilihat pada tabel dibawah ini, menunjukkan berbagai jenis pohon yang diketahui menyebabkan kerusakan, peringkatnya dalam urutan ancaman yang menurun. Ini juga menunjukkan ketinggian maksimum yang diharapkan pada tanah liat. Menanam pohon yang dekat dengan bangunan baru atau yang sudah ada biasanya akan menimbulkan risiko kerusakan. Oleh karena itu, disarankan agar rekomendasi yang dijelaskan dalam Tabel-1 diikuti.


Selain itu jika terdapat pohon disekitar rumah, dan apabila anda tebang itu juga memiliki dampak terhadap bangunan disekitar pohon tersebut. jadi sebaiknya hati-hati ya guys.. sekian artikel ini semoga bermanfaat....

Salam Teknik.. ATS.
Baca Juga
Share:

1 comment:

Artikel Terbaru