Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Pengertian Shear Wall, Fungsi, Jenis dan Penempatannya

Hallo civils, tahukah apa itu "Shear Wall" ??. Shear wall merupakan elemen struktur yang berbentuk vertikal yang memiliki fungsi untuk menahan atau malawan gaya lateral akibat dari gaya angin dan gaya siesmik. Ia bekerja sebagai balok penopang vertikal yang terikat oleh pondasi pada tanah yang membawa beban vertikal bersama dengan kolom. Shear wall ini digunakan terutama pada bangunan tinggi. Kenapa harus pada bangunan tinggi ??...







Shear wall ini merupakan komponen penting dari bangunan bertingkat tinggi karena sebagai bagian dari desain bangunan penahan gempa, dinding ini disediakan dalam rencana pembangunan untuk mengurangi perpindahan lateral yang terjadi akibat beban yang telah disebutkan diatas, semakin tinggi suatu bangunan maka potensi beban lateral yang terjadi akan semakin besar. Oleh sebab itu shear wall ini sangat penting pada konstruksi bangunan bertingkat.

Berikut ini rangkuman kegunaan dari Shear wall sebagai berikut :
  1. Untuk menahan beban lateral gempa dan angin. 
  2. Untuk menahan gravitasi atau beban vertikal karena beratnya sendiri dan beban hidup atau bergerak lainnya. 
  3. Untuk menahan gaya geser dan angkat pada bangunan. 
  4. Untuk meningkatkan kekuatan dan stabilitas struktur. 
  5. Untuk memberikan kekakuan yang memadai pada struktur. 

GAYA YANG BEKERJA
Selanjutnya kita perdalam sedikit mengenai gaya-gaya yang ditahan oleh shear wall, ada 2 tipe gaya yang ditahan oleh struktur shear wall antara lain :
  • Gaya geser.
  • Gaya Angkat (Uplift)
Untuk lebih jelasnya nih ATS jabarin lagi..

Gaya geser:Gaya geser yang terjadi pada bangunan ini dipicu oleh gerakan tanah dan gaya lateral seperti angin dan gelombang. Gaya-gaya ini bekerja sepanjang ketinggian dinding antara sambungan dinding geser atas dan bawah.

Kekuatan angkat:

Gaya angkat pada shear wall terbentuk karena adanya gaya horisontal bekerja di atas dinding. Kekuatan ini mencoba mengangkat salah satu ujung dinding dan mendorong ujung lainnya ke bawah.(Kebayang gak gan,sis). gaya uplift ini menimbulkan efek yang lebih besar pada dinding pendek tetapi tinggi dan efek ini akan lebih kecil pada dinding panjang  tetapi tidak tinggi alias rendah. Terkadang, dinding geser memerlukan perangkat penahan untuk memberikan resistensi yang diperlukan. 

LOKASI PENEMPATAN SHEAR WALL
Ada terutama dua susunan dinding geser; satu ditempatkan di tepi bangunan. Yang lain ditempatkan di dalam bangunan dalam bentuk dinding inti atau bagian saluran MEP.

Pada bangunan bertingkat, dinding geser umumnya terletak di tengah bangunan biasanya dalam bentuk sistem dinding inti untuk mengakomodasi sistem pergerakan vertikal seperti lift. 


Berikut ini adalah beberapa contoh ilustrasi penempatan Shear Wall.


Semoga bermanfaat ... Jangan lupa share dengan menekan tombol dibawah ini ke media social... Salam Teknik
Area Teknik Sipil
Baca Juga
Share:

5 comments:

Artikel Terbaru