Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Menghitung Kebutuhan Air untuk Adukan Beton

Hallo Civils, Pada kesempatan ini ATS kan membagikan tips menghitung kebutuhan air untuk campuran adukan beton dengan mudah dan simpel. Perhitungan ini bisa digunakan apabila anda mengunakan proporsi campuran dengan campuran ala pekerja dilapangan yang dalam arti tidak dilakukan penimbangan kuantitas dari bahan secara detail (Namanya juga dilapangan, kalau dibuat serinci dan sedetail itu pasti akan memakan waktu yang cukup lama ya hehehe). Ada beberapa hal yang harus kita ketahui terlebih dahulu sebelum memulai perhitungan, hal-hal tersebut antara lain :

  1. Konsumsi/Kebutuhan semen per 1m3 adukan beton
  2. Rasio air semen/FAS : pada Point 2 ini sebenearnya bisa diperoleh melalui pengujian dilaboratorium dengan persentase yang berbeda-beda agar didapatkan angka optimum dari campuran terkait. 
Pada contoh ini saya akan membuat beton 1m3 dengan mutu F'c = 24 Mpa atau M24. semen yang dibutuhkan yaitu sebanyak 8,15 zak. (per zak = 50 kg)



Langkah pertama : mencari berapa berat semen keseluruhan ..
Berat (Kg) = 8.15 x 50 Kg = 406 Kg

Langkah ke-dua : mencari berat air yang dibutuhkan dan mengubahnya kedalam liter.
Seperti yang disebutkan point 2, nilai Rasio air semen maksimum didapatkan dari pengujian dilaboratorium. namun anda bisa mengasumsikan rasio air semen = 0.5. jangan lupa dikalikan waste 5%.

Berat Air (Kg) = 406 x 0.5 x 1.05 = 213,5 Kg

seperti yang kita ketahui bahwa 1 Kg = 1 liter.. maka kebutuhan airnya adalah sebesar 213.5 liter.

Jadi untuk membuat 1 m3 beton dengan mutu F'c 24 Mpa dibutuhkan air sebanyak 213.5 liter. 

Jika memang dilapangan dalam pembuatan adukan bisa digunakan timbangan atau proporsi yang pas dengan ketentuan yang diatur pada SNI 7394 - 2008 anda sudah bisa mengetahui proporsi dari semen, pasir, krikil dan airnya.. berikut ini saya ambil salah satu bagian dalam SNI 7394 - 2008 ..

Demikian artikel ini dibuat, apabila ada kesalahan baik dari penyajian atau penulisan material silakan berikan komentar dibawah ini...

Semoga bermanfaat ..


Baca Juga
Share:

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Artikel Terbaru